Undip Career Expo ‘Jembatan’ Menuju Pekerjaan Idaman

20161126_145406

Undip (26/11) – Bertempat di Auditorium Imam Bardjo, Undip Career Center (UCC) kembali menggelar pameran bursa kerja (jobfair). Jobfair kali ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan UCC pada tahun ini dan berlangsung pada tanggal 25-26 November 2016 silam. Jobfair ini dimaksudkan sebagai media bertemunya para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang melakukan open recruitment.

Undip Career Expo diharapkan dapat mempersingkat masa tunggu mahasiswa yang sudah lulus agar mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. “Tujuan jangka panjang dari acara ini yaitu, tentu kita ingin mengurangi angka pengangguran di Indonesia dengan cara mempertemukan pihak perusahaan dengan para pencari kerja,”  ungkap Lolita Desy selaku Public Relation dari UCC.

Sebanyak 48 perusahaan dari latar belakang beragam ikut berpartisipasi dalam jobfair ini, mulai dari perusahaan kosntruksi, keuangan, dan lainnya. Tercatat sejumlah nama perusahaan besar ikut serta dalam acara jobfair tersebut seperti, PT. Brantas Abipraya (Persero),  PT. BCA Tbk., PT. Bank Mandiri, dan juga perusahaan yang bekerja dalam bidang media yaitu, PT. Darta Media Indonesia atau yang biasa terkenal dengan forum komunitas online-nya yaitu KASKUS.

Panitia menargetkan lebih dari 10.000 jobseekers yang hadir dalam acara bursa kerja ini. Namun, pada Sabtu (26/11) pukul 13.00, tercatat sudah 11.000 jobseekers yang hadir dalam bursa kerja ini. Tentu, hal ini merupakan sebuah pencapaian tersendiri bagi pihak UCC dan ini merupakan sebuah kesuksesan yang besar.

Tak hanya jobfair, Undip Career Expo juga menghadirkan pembicara dari Kementerian Ketenagakerjaan dan juga pembicara dari PT. Brantas Abipraya. Tak ketinggalan, hasil riset & produk mahasiswa dari Undip Business & Entrepeneur Center juga dipamerkan di gerbang menuju pintu masuk ke Auditorium Imam Bardjo.

Kendati demikian, acara ini tak lepas juga dari kendala-kendala yang dialami oleh pihak panitia. Kendala tersebut meliputi jumlah peserta yang membludak dan kapasitas gedung yang tidak terlalu besar. Mengantisipasi hal ini, panitia memberlakukan sistem open-closing gate agar kapasitas gedung dapat terisi dengan baik.

Angga Sujatmiko, salah seorang peserta  Undip Career Expo  mengatakan acara ini merupakan peluang bagi pencari kerja untuk mendapat pekerjaan idaman. Ia pun mengapresiasi publikasi dari acara ini. “Dari segi publikasi, acara ini sudah diinfokan di mana-mana, baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Saya berharap agar UCC mengadakan acara jobfair yang lebih besar lagi keesokannya,” tutup Angga.

Reporter : John Arsenio

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *