Adakan Company Visit dan Anjangsana, LPM Edents Tetap Telisik Dunia Jurnalistik

Yogyakarta (23/5) – LPM Edents adakan Company Visit sekaligus Anjangsana yang diikuti oleh total 36 Edentser dari tiga angkatan. Destinasi untuk tahun ini adalah Surat Kabar Kedaulatan Rakyat untuk Company Visit dan Surat Kabar Mahasiswa (SKM) Bulaksumur UGM untuk Anjangsana. “Company Visit itu berbeda dengan Anjangsana, Company Visit dari HRD sedangkan Anjangsana dari Marcomm. Jadi hari itu LPM Edents melakukan dua proker dari dua divisi yang berbeda secara bersamaan,” ungkap Silfia sebagai penanggung jawab Company Visit dari Divisi HRD.

Sekitar pukul 09.00 WIB, Edentser tiba di kantor Surat Kabar Kedaulatan Rakyat yang merupakan surat kabar tertua di Indonesia. Sejak awal pendiriannya pada 27 September 1945 oleh Samawi dan Madikin S., Kedaulatan Negara telah memperkerjakan total 630 karyawan sampai saat ini. Penulisan berita Kedaulatan Rakyat terdiri dari tujuh tahapan; yaitu penentuan program, deadline dari pemimpin redaksi, hunting berita, writing, correcting, layout design, dan cetak. Kedaulatan Rakyat membutuhkan 50 roll kertas setiap harinya untuk proses produksi yang dimulai pukul 16.00 hingga 23.00.

Berikutnya, destinasi kedua adalah kunjungan LPM Edents ke SKM Bulaksumur UGM. “Jadi tuh kita pengen tahu kondisi mereka kayak gimana, kita lebih sharing produk kita kayak gimana sama jobdesc setiap divisi mereka bagaimana, proker-prokernya bagaimana jadi kita sama-sama saling belajar,” ungkap Asti sebagai penanggung jawab Anjangsana dari Divisi Marcomm. Sama halnya dengan LPM Edents, SKM Bulaksumur memiliki lima divisi yaitu redaksi, litbang (penelitian dan pengembangan), iklan dan promosi, produksi, dan umum. “Senang sekali dari Edents mau berkunjung ya, dan suasananya akrab dan kocak, seru. Dan kita berharap ini gak cuma berhenti di sini ya silaturahminya, nanti juga barangkali ada kesempatan kita bisa main juga ke Edents,” ungkap Vikra Alizanovic selaku Pemimpin Umum SKM Bulaksumur UGM. SKM Bulaksumur memiliki dua jenis kegiatan, yaitu internal dan eksternal. Internal contohnya acara ulang tahun sedangkan eksternal contohnya adalah launching majalah Jurnal Populer Telisik yang merupakan salah satu produk SKM Bulaksumur UGM.

Silfia berharap agar kedepannya Company Visit dan Anjangsana akan tetap dilaksanakan pada kepengurusan LPM Edents selanjutnya. “Sarannya harus tetep ada ya untuk tahun besok, soalnya penting banget biar kita tahu bagaimana dunia jurnalistik selain itu kita bisa sharing sama yang sudah tua gitu ibaratnya mereka lebih tua lebih berpengalaman jadi kita bisa menerapkan itu di  Edents sendiri,” jelas Silfia

Reporter : Yulina, Henty

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *