Adu Kuat Strategi, Undip Bawa Pulang Piala dari Unnes

Mengikuti sebuah perlombaan baik tingkat kampus, kota/kabutapen, provinsi maupun nasional merupakan salah satu keinginan terbesar bagi mahasiswa secara umum. Baik perlombaan akademik maupun non-akademik, terlebih jika berhasil mandapat gelar juara. Itu tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi dirinya dan bagi almamaternya.

Hal tersebut pun terjadi baru-baru ini. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Catur Universitas Diponegoro Semarang berhasil menyabet juara 2 dan 3 dalam Lomba Catur Mahasiswa tingkat regional yang diadakan pekan lalu (20/3) di Universitas Negeri Semarang. Undip mengirimkan 6 tim yaitu tim A, B, C, D, E dan F. Setiap timnya terdiri dari 3 orang, sehingga total Undip mengirimkan 18 orang perwakilan dari UKM Catur yang bertarung adu strategi.

Tanggapan

Andreas Sitompul, mahasiswa Jurusan Fisika 2011 merupakan salah satu perwakilan dari UKM Catur Undip Tim F yang berhasil memenangkan perlombaan tersebut. Andreas mengaku bahwa sebenarnya tidak ada persiapan khusus menyambut kejuaraan tersebut, hanya berlatih dengan permainan catur yang biasa dilakukan sehari-hari di markas mereka di Student Center Undip lantai 2. “Kalau untuk tantangan terbesarnya, teman-teman dari UKM Catur masih banyak yang lebih bagus dan di hari perlombaan ternyata lawannya tangguh-tangguh,” ujar Andreas saat ditanyakan hal terberat saat masa-masa persiapan lomba. Sebelumnya mereka juga pernah mengikuti turnamen catur mahasiswa di ITB, Bandung.

Jalannya lomba

Sebelum hasil diumumkan, Andreas telah memprediksi akan mendapatkan juara. Hal tersebut didasarkan karena UKM Catur Undip melakukan persiapan dengan mengirimkan tim terbaiknya dengan cara yang unik. UKM Catur Undip mengirimkan tim berdasarkan tingkatan timnya yaitu tim terbaik, menengah dan juga pengecoh. Di mana tim pengecoh bertugas mengahabiskan stamina lawan dan tim menengah berisi anggota dengan kualitas menengah.

Perlombaan tersebut terdiri dari 5 babak dan setiap babaknya menggunakan sistem Swiss Manager. Swiss Manager merupakan merupakan kombinasi dari sistem “Round Robin” dan “Knock-out”. Sebenarnya UKM Catur Undip mendapat 3 juara yakni juara 2 yang diraih oleh tim Undip F, juara 3 oleh tim Undip C dan juara 4 oleh tim Undip D.

Di setiap perlombaan pasti memunculkan persaingan antar pesertanya, hal tersebut pun tak luput dirasakan UKM Catur Undip.“Untuk lawan terberat, kami merasa kalau Unnes tim A lah yang paling berat, karena isinya master nasional semua,” tutur  Andreas. Untuk harapan terbesarnya kedepan adalah UKM Catur Undip bisa lebih berprestasi dan bisa menjadi juara di setiap kejuaraanya sehingga lebih banyak prestasi yang terukir. (nw)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *