Ajang Pencarian Jurnalis Kampus

Peserta pendidikan jurnalistik tingkat dasar saat latihan menulis berita (doc. Edents)

FEB Undip (27/9) – Lembaga Pers Mahasiswa Economic Students (LPM Edents) menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar bertajuk “To Be a NICE (Natural, Ideal, Competent, Excellent) Journalist”. Bertempat di ruang serbaguna gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FEB Undip. Acara ini diikuti 50 calon magang Edents. Acara dibuka secara simbolis oleh Darwanto, pembina pun alumni Edents. Dalam sambutannya Darwanto berpesan, “Yakinlah dapat memperoleh banyak manfaat dengan menjadi Edentser.”
Pelatihan ini menghadirkan Sunarto (redaktur nasional koran pagi Wawasan), Setiawan Hendra Kelana (pemimpin redaksi suaramerdeka.com), dan Bagas Pratomo (redaktur senior Suara Merdeka). Dalam pemaparannya Sunarto menyampaikan materi tentang Etika Dasar Jurnalistik. Menurutnya ada lima etika dasar jurnalisme yaitu melaporkan kebenaran, bertindak independen, transparan, menyeleksi secara sensitif, dan menempatkan etika melampaui aturan hukum.
Sedang Setiawan Hendra Kelana menyampaikan materi dengan tema Menulis itu mudah. “Menulis itu ibarat berenang, membutuhkan praktik langsung untuk bias menguasainya,” tutur Setiawan. Ia berbagi tips tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam menulis berita pun mengajak para peserta untuk praktik menulis sebuah berita.
Materi terakhir disampaikan oleh Bagas Pratomo tentang penulisan in depth news. “Dalam menulis depth reporting, seorang wartawan harus memiliki keingintahuan, data pembanding, dan turun ke lapangan, jelas Bagas.
Usai pemberian materi dari ketiga pembicara, para peserta dibagi ke dalam 8 kelompok kemudian ditugaskan untuk membuat majalah semu. Acara tersebut merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka mencari jurnalis kampus. “Harapannya, semua peserta dapat mengambil ilmu sebanyak-banyaknya dari serangkaian acara yang diadakan oleh LPM Edents,” ungkap Linggar Adreasari, ketua panitia pelatihan. 
Reporter: Hayatun Nufus
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *