Akhir Kepengurusan 2014-2015, BEM FEB Gelar LPJ Terbuka

ll

FEB Undip (21/11) – Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (BEM FEB) untuk pertama kalinya diadakan dalam bentuk forum terbuka. Bertempat di ruang EA 3.04 Kampus FEB Undip Tembalang, acara ini dihadiri oleh Amie Kusumawardhani selaku Pembantu Dekan IV, Rizal Hari Magnadi selaku Staf Ahli Kemahasiswaan, serta perwakilan dari sejumlah Organisasi Mahasiswa (ormawa) FEB Undip.  Acara ini semula dijadwalkan pada Jumat (20/11) dengan mengundang mahasiswa, namun akhirnya diundur hingga Sabtu karena terkendala tempat pelaksaaan. “Cuma, melihat kondisi yang mendadak tanggal 20 itu, jujur aja enggak dapat tempat. Otomatis kita harus ganti hari,” ujar Bregas Wirotomo, selaku ketua pelaksana.

Acara yang seharusnya dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB ini mengalami keterlambatan sehingga baru bisa dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan diawali oleh sambutan Pembantu Dekan IV, Amie Kusumawardhani. Sementara presentasi LPJ dimulai pada pukul 09.15 oleh ketua BEM FEB periode 2014/2015, Muhammad Naufal Thaha. Rangkaian LPJ dibuka dengan pemutaran video teaser Departemen Pengabdian Masyarakat BEM FEB Undip dalam kegiatan Bimbingan Belajar Gemawang (BBG) di desa Gemawang. Selanjutnya, masing-masing departemen menjabarkan laporan mengenai program-program kerja yang telah dilaksanakan dalam satu tahun kepengurusan. Laporan ini mencakup seluruh kegiatan dan acara yang telah dilaksanakan oleh setiap departemen, kecuali Defest dan Sophomore karena dua program tersebut baru selesai diselenggarakan.

Setelah LPJ selesai dipresentasikan, sesi selanjutnya adalah tanya jawab. Tepat pukul 12.00, seluruh perangkat Senat Mahasiswa (SEMA)  melakukan diskusi penilaian kinerja ormawa dan memaparkan hasil kuisioner terhadap kinerja BEM FEB periode 2014/2015. Kuisioner tersebut sudah disebar sejak 2 minggu yang lalu kepada 250 mahasiswa FEB Undip sebagai sampel. Hasil data yang diperoleh adalah 53 persen mahasiswa FEB Undip setuju dan puas terhadap kinerja BEM FEB periode 2014/2015, 39 persen tidak setuju, 5 persen sangat setuju, dan 3 persen sangat tidak setuju. Selain itu dipaparkan pula penilaian ormawa yang dibuat pada tanggal 18 November 2015 berdasarkan ketetapan Sema FEB terbaru oleh Komisi I dan II. Nilai tertinggi  untuk kategori Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) jatuh pada HMJ Manajemen. Sementara untuk kategori Kelompok Studi diperoleh Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), kategori Kerohanian yaitu Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Fakultas Ekonomi Pecinta Alam (Fepala) dalam kategori Kesenian dan Pecinta Alam, dan UPK Basket untuk kategori Olahraga.

Bregas mengatakan bahwa salah satu kendala dalam pelaksanaan LPJ tahun ini adalah persiapan yang mendadak. Awalnya, terdapat agenda penyampaian saran dari setiap ormawa untuk kepengurusan BEM FEB selanjutnya sebelum pemaparan kuisioner serta penilaian ormawa. Namun, sesi tersebut akhirnya ditiadakan. “Ada beberapa bagian yang menyesuaikan dengan kondisi forum dalam. Jadi agak sedikit berubah karena itu,” ujar Bregas. Bregas berharap agar pelaksanaan LPJ tahun depan bisa lebih baik dan menghasilkan esensi yang lebih maksimal. Acara ditutup dengan foto bersama Senat Mahasiswa, BEM, serta perwakilan-perwakilan ormawa di FEB Undip. (nw)

Reporter : Aradeya, Adhevyo, Maulana

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *