Alumni Mengajar : Cara Cerdas Menemukan Peluang Usaha

FISIP Undip (15/09) – Direktorat Komunikasi dan Hubungan Alumni Universitas Diponegoro kembali mengadakan Alumni Mengajar jilid 2. Kali ini mengusung tema “Cerdas Menemukan Peluang Usaha”. Bertempat di Auditorium FISIP Undip, dua pembicara sekaligus alumni Undip hadir dalam acara tersebut. Dwi Setiawan Susanto, Kepala Pusdiklat BPKRI, sebagai pembicara pertama dan Y. Joko Setiyanto, Ketua DPD IKA Undip DKI Jakarta dan Pengusaha Konstruksi sebagai pembicara kedua. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Undip dari sisi integritas melalui kewirausahaan.

Mahasiswa Undip setelah lulus diharapkan tidak hanya menjasi job seeker tetapi juga job creator. Oleh karena itu, jiwa entrepreneurship harus dimilki oleh seluruh mahasiswa Undip.  “Menjadi seorang pegawai juga perlu memiliki jiwa entrepreneurship agar dapat berkembang,” tutur Iwan, Kepala Pusdiklat BPKRI. Menurutnya menjadi wirausahawan tidak selalu dengan membuka bisnis dan berkaitan dengan ekonomi. Pegawai pun juga dapat menjadi wirausahawan. Kreativitas dan inovasi dalam bekerja sangat diperlukan untuk memajukan perusahaan. Tidak hanya itu, semangat dan pantang menyerah juga dibutuhkan untuk menghadapi kegagalan. Hal inilah yang menjadi pembeda antara pegawai satu dengan yang lainnya.

Memiliki tujuan hidup yang jelas pun harus dimiliki setiap mahasiswa Undip. Dengan demikian dalam menjemput kesuksesan dapat terarah. Joko, pengusaha konstruksi, menuturkan bahwa untuk menjadi pengusaha sukses memiliki partner. Bekerja sama dengan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda. Hal ini akan menciptakan efisiensi dalam membangun sebuah usaha. Selain itu pengalaman berorganisasi juga menjadi salah satu faktor. Kebiasaan bertemu dengan banyak orang, memanajemen orang dan waktu, serta jaringan yang terbentuk akan memudahkan dalam menjalankan bisnis. Tidak kalah terpenting yaitu semangat. “Jatuh bangun dalam usaha itu hal biasa,” ucapnya.

Untuk menjalin jaringan antara alumni dengan mahasiswa Undip, UBC (Undip Business Community) dibentuk. Tujuannya untuk memfasilitasi mahasiswa Undip. Komunitas ini berasal dari alumni Undip Semarang untuk berbagi informasi dan peluang usaha.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *