Angkat Perekonomian Desa Kaliprau, Tim KKN Tematik Undip Kenalkan Bandeng Asap

Pemalang (31/08) – Kelompok Agrominapolitan KKN Tematik Undip 2017 Desa Kaliprau mengadakan pelatihan pembuatan bandeng asap. Desa Kaliprau adalah salah satu desa penghasil bandeng di Kabupaten Pemalang. Namun, jenis bandeng olahan yang ada di UMKM belum bervariasi sehingga perlu adanya inovasi baru dari olahan bandeng. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan kepada warga mengenai inovasi baru dari olahan Bandeng yaitu Bandeng asap.

Acara ini bertempat di rumah Bapak Firdaus selaku ketua UMKM Olahan Singkong di Desa Kaliprau. Acara dihadiri oleh beberapa anggota UMKM dan Bapak Casroni selaku Kepala Desa Kaliprau. Acara dibuka oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pengenalan alat pengasapan dan demonstrasi pembuatan bandeng asap. Antusiasme warga sangat tinggi karena masyarakat baru pertama kali mendapatkan pelatihan mengenai bandeng asap.

Bandeng asap adalah salah satu inovasi baru olahan bandeng. Cara pembuatannya yaitu bandeng dibersihkan kemudian di belah salah satu sisinya dan ditusuk menggunakan tusukan bambu. Tempurung kelapa digunakan untuk menghasilkan asap. Proses pengasapan dilakukan selama 2 jam hingga bandeng berwarna coklat keemasan. Setelah melalui seleksi kelayakan, bandeng siap dikemas dan dipasarkan. Acara ini ditutup dengan penyerahan alat pengasapan kepada warga dan mencicipi olahan bandeng asap oleh peserta yang mengikuti acara tersebut. (sdw)

*Press Release Tim KKN Tematik Undip Desa Kaliprau, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *