Antusiasme Tinggi, Peserta Donor Darah FEB Lebihi Ekspektasi

12605552_996573323713751_6832630962751375482_o

FEB Undip (11/3) – Rangkaian acara Dies Natalis ke-56 FEB Undip turut diwarnai dengan kegiatan donor darah. Donor darah kali ini terselenggara berkat kerjasama Palang Merah Indonesia (PMI) Semarang dengan FEB Undip. Bertempat di Gedung Kewirausahaan FEB Undip, donor darah dibuka secara resmi oleh Suharnomo selaku Dekan FEB Undip pada pukul 08.44.

Guna menarik minat pendonor, panitia juga memberi merchandise berupa mug bagi 56 pendonor pertama serta kotak makan siang kepada para pendonor. Antusiasme mahasiswa yang cukup tinggi terlihat saat acara baru resmi dibuka, sudah tercatat 12 orang yang bersedia mendonorkan darahnya. Pendonor yang sudah mendaftar harus mengantre menunggu giliran sebelum masuk ke ruangan donor darah.

Terdapat dua prosedur sebelum pendonor menyumbangkan darahnya. Pendonor yang sudah tercatat sebagai pendonor aktif maka tinggal mengikuti tes tekanan darah. Sementara bagi yang baru saja ingin  mendonorkan darahnya, maka harus mengikuti serangkaian medical check-up sebelum beralih ke pengukuran tekanan darah.

Menurut Hamam selaku ketua panitia, acara donor darah sengaja diadakan pagi hari agar target pendonor terpenuhi. “Harapannya kalau masih pagi itu masih segar, jadi masih fresh. Masih belum lelah juga jadi diharapkan banyak pendonornya,” ujarnya. Lebih lanjut Hamam juga menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai wadah bakti sosial untuk membantu sesama manusia. Acara donor darah ini ditargetkan dapat diikuti 50 peserta dan mampu mengisi 56 kantong darah yang disediakan oleh PMI Semarang.

Luthfi, seorang peserta donor darah mengaku senang dan sangat puas dengan pelayanan yang telah diberikan PMI Semarang selama donor darah berlangsung. “Kalau buat acara ini semoga acara yang akan datang bisa lebih sering gitu loh. Soalnya acara kayak gini tuh perlu, membantu sesama itu sangat perlu,” ujarnya. Selain mahasiswa, kalangan akademisi juga turut mendonorkan darahnya. Salah satunya adalah Wahyu Meiranto yang adalah Pembantu Dekan (PD) II FEB Undip.

Hamam berharap acara donor darah seperti ini akan terus diadakan dengan acara yang lebih besar lagi dan target peserta yang lebih banyak. “Semoga acara ini bukan yang terakhir kali, ya mungkin bisa lebih besar lagi, lebih wah lagi, tempatnya lebih luas lagi, targetnya juga diperbanyak lagi mungkin 100 atau 200 dan ya mungkin itu saja,” tutup mahasiswa jurusan Ekonomi Islam ini. Donor darah pun ditutup pukul 10.48 karena semua kantong darah yang disediakan oleh PMI Semarang sudah terisi.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *