Antusiasme Warga Semarang Sambut Pilkada Serentak 2015

Pemilih di TPS 26 Tlogosari Kulon, Pedurungan

Semarang (9/12) – Hari ini Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Tak terkecuali Kota Semarang. Momen Pilkada ini benar-benar dimanfaatkan oleh para warga yang berharap perubahan di Kota Semarang.

Di Kecamatan Pedurungan, Kelurahan Tlogosari Kulon, RW 4, ada dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disediakan untuk warga yaitu TPS 26 dan TPS 27. Lokasi TPS 26 bertempat di Balai RW 4 sementara TPS 27 berada di Jalan Kawung Raya. Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 410 orang untuk TPS 26 dan 412 orang untuk TPS 27.

Di TPS 26, hingga pukul 11.15 WIB tercatat 58,26 persen DPT yang telah memberikan hak suaranya. “Mudah-mudahan nanti bisa maksimal karena kemarin sudah disosialisasikan di semua RT. Kita himbau supaya yang punya hak pilih menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya dan tanggung jawab,” tukas Asro’i, Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 26.

Kasus DPT ganda ditemukan di TPS 26 dan TPS 27. Pemilih mengaku sudah mendapatkan undangan dari TPS 27, sehingga undangan dari TPS 26 ditarik oleh panitia. Akhirnya, ia memberikan hak suaranya di TPS 27 karena lebih awal mendapatkan undangan dari TPS tersebut. “Saya kurang tahu dia sudah punya KTP resmi di sana atau tidak, kok di sini (TPS 26 -red) muncul, di sana (TPS 27 -red) juga muncul,” jelas Asro’i.

Sementara di TPS 3 Kelurahan Pekunden, Semarang Tengah, TPS digelar tepatnya di halaman parkir belakang Hotel Pandanaran. DPT sebanyak 354 orang, dengan rincian 173 laki-laki dan 181 perempuan. Pihak TPS 3 Pekunden mengaku telah mengupayakan berbagai usaha untuk menekan angka pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya, salah satunya dengan menyebar undangan. “Kita edar undangan DPT ini, supaya tidak ada yang golput (golongan putih-red),” ungkap Idris

Meskipun TPS ini telah dibuka dari pukul 07.00, namun hingga TPS ditutup pada pukul 13.00, total DPT yang menggunakan hak pilihnya  hanya berjumlah 224 orang yang terdiri dari 107 pemilih laki-laki dan 117 pemilih perempuan. Lain halnya dengan TPS 26 Tlogosari Kulon, di TPS 3 Pekunden tidak ditemui kasus pemilih ganda. “Pemilih ganda itu tidak ada, tidak kita dapati. Semua itu ada prosedurnya dan kebetulan hari ini tidak ada,” jelas Idris, ketua KPPS TPS 3 Pekunden.

Dengan berlangsungnya Pilkada serentak 2015, muncul harapan-harapan baru warga Semarang untuk pasangan yang terpilih nantinya. “Ya kalau harapan untuk yang terpilih, semoga nantinya bisa mengemban amanah dengan baik dan membawa Semarang jauh lebih baik dari sekarang,” jelas Dwi, warga Pekunden yang baru pertama kali menggunakan hak pilihnya. Senada dengan Dwi, Weny, warga Tlogosari Kulon, berharap Walikota yang terpilih nantinya dapat memajukan Kota Semarang.

Secara umum Pilkada Serentak 2015 di Kota Semarang berjalan tertib dan aman. Siapapun pemenang Pilkada Serentak 2015 diharapkan dapat mengemban amanah dan membawa perubahan yang lebih baik bagi Kota Semarang. “Mudah-mudahan yang terpilih ini dapat mengapresiasi keinginan rakyat,” tutup Idris. (nw)

Reporter : Afnurul, Albertus

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *