Audit Training 2018, Bagikan Tips Menjadi Auditor Berintegritas

FEB Undip (12/5) – Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) mengadakan acara bertajuk “Audit Training 2018”. Dalam acara tersebut, peserta tidak hanya disuguhkan seminar bersama para pembicara yang kompeten pada bidang pengauditan, namun juga diberikan pelatihan mengenai prosedur pengauditan yang baik dan benar. “Ways to be an Auditor with Integrity” merupakan tema yang diusung dalam Audit Training tahun ini. Tiga pembicara didatangkan untuk mengisi acara tersebut.

Pembicara pertama adalah Suzy Novianti yang merupakan Koordinator Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jawa Tengah. Suzy menyampaikan mengenai intergritas auditor. Materi yang dibicarakan dibuat sesuai dengan tema dari acara Audit Training tahun ini. Setelah penyampaian materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Materi kedua disampaikan oleh Adhitya Ramadhan, Tax Consultant dari KAP BigFour. Adhitya menyampaikan materi mengenai “Tax and Other Non-Assurance Services in Public Accounting Firm”. Setelah menyampaikan materi, Adhitya melanjutkan dengan Sharing Session. Pada Sharing Session, Adhitya memberikan tips untuk masuk KAP BigFour, khususnya Ernst and Young (EY). Adhitya juga berpesan agar selalu bekerja keras. “Dulu waktu kuliah dapat C di mata kuliah pajak dan pratikum pajak. Jadi intinya jangan putus asa, yang penting hardwork,” tutur Adhitya, lulusan Akuntansi Undip yang sekarang bekerja sebagai konsultan pajak.

Setelah materi dan sesi tanya jawab dari Adhitya, peserta diberikan waktu untuk istirahat. Sesi setelah selanjutnya diisi oleh Chairani Tiaz. Chairani adalah Senior Associate (Auditor) dari PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia. Materi yang disampaikan adalah Substantive Testing for Cash and Cash Equivalent. Setelah penjelasan mengenai materi selesai, peserta diberikan soal kasus. Pemberian soal kasus ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan gambaran mengenai proses auditing pada real case. Soal kasus yang diberikan berfokus pada mengaudit kas dan setara kas. Peserta diberikan waktu 30 menit untuk menyelesaikan kasus. Bagian terakhir dari sesi ini adalah penjelasan mengenai penyelesaian soal kasus oleh Chairani dan sesi tanya jawab.

Persiapan yang dilakukan untuk acara ini mulai pertengahan Maret. Kendala yang dihadapi adalah dalam menarik peserta dan tidak ada kendala yang material saat pelaksanaan. “Kendala sih mungkin peserta yang sulit dicapai karena tabrakan sama banyak acara,” ungkap Pearlytha Mayling, Ketua Panitia Audit Training 2018. Pearlytha berpesan agar mahasiswa lebih bisa memanfaatkan acara-acara pelatihan semacam ini dan mengikuti kegiatannya. Acara Audit Training 2018 selesai pukul 15.00 WIB.

Reporter: Julian Karinena

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *