Bank Indonesia Goes To Campus 2016: I Am #LessCashSociety

Semarang (1/12) – Bank Indonesia bersama NET TV menggelar talkshow dan workshop bagi seluruh mahasiswa Semarang. Bertempat di Gedung Serbaguna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, acara “Bank Indonesia Goes To Campus 2016  bertema “Smart Money Wave” ini dimulai pukul 07.00 WIB  dan dihadiri lebih dari 2.000 mahasiswa dari seluruh universitas yang ada di Semarang.

Acara yang mengusung tagline “I am #LessCashSociety ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Bank Indonesia kepada mahasiswa di Semarang tentang isu dan perkembangan keuangan Indonesia terkini. Termasuk di dalamnya penjelasan terkait Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Penyampaian sambutan oleh beberapa pihak mengawali acara tersebut. Dimulai oleh Taufik Kurniawan (Wakil Ketua DPR RI), Iskandar Simorangkir (Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Regional Jawa Tengah), dan yang terakhir oleh Sri Puryono (Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah).

Memasuki acara talkshow, Farida Peranginangin (Direktur Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia) menyampaikan tentang GNNT. GNNT sendiri merupakan salah satu gerakan tentang sistem penggunaan uang sebagai alat pembayaran secara virtual. Farida mengajak para generasi milenial utamanya mahasiswa untuk mendukung dan menyukseskan program ini. Dia juga ingin masyarakat sadar akan kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan dari uang elektronik ini. “Dengan adanya program GNNT ini, diharapakan sistem pembayaran di Indonesia lebih efektif dan efisien, baik dari segi pengurangan jumlah uang yang beredar, penekanan biaya produksi uang itu sendiri, juga waktu dalam melakukan setiap transaksi apapun.” kata Farida.

Hadir pula sebagai narasumber yaitu Priyanto Lim (Head of Marketplace Zalora), Randy Pangalila (Group Head Mobile Financial Services Indosat Ooredoo), Alfie Tjahyo Prasetyo (Head of Mobile Financial Services XL Axiata), dan Rudy Hamdani (Vice President Mobile Financial Services Telkomsel). Mereka juga sepakat dan mendukung sepenuhnya program GNNT ini untuk perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Dilanjutkan sesi workshop tentang blogging oleh Iskandar Zulkarnaen, selaku pengelola isi dan produk kompasiana.com. Menurut pria yang sering disapa Isjet tersebut, sebagai salah satu blog, kompasiana.com ingin mewadahi masyarakat untuk mengunggah tulisannya agar dapat dibaca oleh orang banyak. “Karena kita percaya bahwa konten yang baik itu akan dibaca oleh banyak orang,” tutur Isjet. Dia juga menyampaikan tips dan trik, mulai dari kode etik jurnalistik yang harus diperhatikan oleh seorang penulis atau jurnalis, hingga pemilihan konten yang dapat menarik pembaca.

Workshop yang kedua adalah Net. Citizen Journalist yang disampaikan oleh Dewi Layla (Executive Producer NET). Citizen Journalist merupakan wadah bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam proses pengumpulan berita. Dewi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk peka terhadap kejadian yang ada disekitar dan menjadikannya sebuah berita, agar orang lain juga bisa melihat kejadian yang jarang dan bahkan tidak pernah terekspos ke televisi.

Serangkaian acara tersebut ditutup dengan penampilan dua artis nasional. Pandji Pragiwaksono sebagai penampil pertama membawakan stand-up comedy, dan dilanjutkan penampilan Rizky Febian yang membawakan 6 buah lagu.

Salah satu peserta, Lidya Primawati, mengungkapkan agar materi yang disampaikan oleh seluruh pemateri dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Diharapkan semua peserta yang datang tidak hanya karena ingin melihat Rizky Febian saja, tetapi ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan ke masyarakat terutama agar lebih mengenal tentang GNNT tersebut.” tutup Lidya.

Tidak hanya mengadakan talkshow dan workshop sebagai bentuk sosialisasi tentang GNNT, Bank Indonesia juga mengadakan kompetisi video dan blog tentang uang elektronik. Kompetisi ini terbuka bagi siapapun. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui http://gnnt.netcj.co.id/

 

Reporter : Wakhidatun Nurrohmah, M. Fauzan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *