Banking Education Lecturing Series: International Banking

Banking Education Lecturing Series
Banking Education Lecturing Series

FEB Undip (11/4) – ECOFINSC FEB Undip bersama PT Bank CIMB Niaga, Tbk mengadakan seminar “International Banking” pada Jumat (11/4). Seminar ini merupakan rangkaian “Banking Education Lecturing Series”. Bernadus Dody Widhiarto, Vice Presiden, Project Management-Trade Finance, Transaction Banking PT CIMB Niaga, Tbk hadir sebagai pembicara. Seminar ini dihadiri pula oleh beberapa staf pengajar FEB Undip dan Human Resources CIMB Niaga, Maria Rosalina.

Acara yang digelar di hall gedung C lantai 4 FEB Undip ini, dibuka secara simbolis oleh Pembantu Dekan III FEB Undip, Edy Yusuf Agung Gunanto. Dalam sambutannya, ia berharap acara ini dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketertarikan mahasiswa terhadap dunia perbankan. “Semoga acara ini dapat menambah pengetahuan dan seluk-beluk untuk adik-adik yang ingin masuk perbankan,” ujar Edy.

Dalam sesi materi, Bernadus Dody Widhiarto menjelaskan hal-hal yang dilakukan perbankan untuk menangani perdagangan internasional. “Didalam international trade ada dampak positif yaitu perubahan kondisi ekonomi, pengembangan ekonomi, dan aturan bank yang akan mempengaruhi perdagangan internasional,” ujarnya.  Ia juga menerangkan cara bank untuk masuk kedalam pola pembiayaan perdagangan internasional, risiko-risiko yang dihadapi oleh pihak bank dalam menangani perdangan internasional seperti risiko negara, jarak, pembeli, penjual, bencana alam, dan risiko perniagaan hingga dampak transaksi internasional dalam sebuah perekonomian.

Menurut Taufik Anggoro selaku ketua panitia, seminar ini digelar untuk memfasilitasi mahasiswa FEB dalam rangka menambah kapasitas diri terkait perbankan. “Kita liat dari perbankan di Indonesia, perkembangan keuangan lagi pesat, apalagi sekarang sedang menghadapi sistem di regulasi keuangan yang baru,” ujarnya. Taufik menambahkan bahwa akan ada acara lanjutan setiap bulan, dimulai dari bulan Mei, lalu Oktober, hingga September dengan tema yang berbeda.Setelah international banking, tema berikutnya yang akan diangkat ialah comparing conventional banking, islamic banking, dan stabilitas perekonomian.

Marco, salah satu peserta mengatakan bahwa acara ini banyak memberi manfaat. “Kita kan mau masuk AEC 2015, otomatis kita akan memasuki perdagangan internasioanl. Di acara ini kita dapat ilmu-ilmu dasar untuk melakukan perdangangan-perdagangan seperti itu,” jawabnya. Sebelum acara berakhir, Maria Rosalina memberikan pesan kepada mahasiswa yang akan masuk ke dalam dunia kerja, agar memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minat yang dimiliki. (nq)

Reporter: Handre, Galuh 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *