Bedah Buku, BI Jawa Tengah Hadirkan Dee Lestari

P_20160504_114956

Semarang (4/5) – Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah menggelar bedah buku serial Supernova dengan menghadirkan penulis Dewi ‘Dee’ Lestari. Bertempat di ruang Lokapala lantai 8, acara yang dimoderatori Nessa Ghozal ini membahas perjalanan Dewi ‘Dee’ Lestari dalam membuat seri Supernova selama 15 tahun. Selain bedah seri Supernova, Dee juga membahas bagaimana kiat-kiat menulis yang baik, terutama bagi pemula.

Kegiatan bedah buku ini sendiri merupakan salah satu kegiatan perpustakaan yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Adapun kegiatan lain yang dilakukan seperti penulisan resensi buku, abstraksi, pameran buku, dan lain lain. Bedah buku kali ini dihadiri oleh komunitas Generasi Bank Indonesia (Genbi) Semarang. Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai pemberdayaan komunitas Genbi.

Menurut Dee, karya fiksi yang baik adalah ketika pembaca dapat membayangkan karya tersebut seperti nonfiksi, dan begitu pula sebaliknya. Dee juga mengungkapkan bahwa dalam menciptakan karakter Seri Supernova, ia mencoba agar karakter itu berbeda dengan kehidupan penulis sehari-hari. “Karena itu saya lebih suka karakter cowok karena cara berpikir yang berbeda dengan saya,” imbuhnya. Sebuah karakter juga harus dikaji berdasarkan kebutuhan cerita dan seorang penulis harus mendalami karakter tersebut. “Misal dalam karakter Zara. Dia seorang fotografer alam, maka saya kursus fotografi,” jelasnya.

Dee juga berpesan kepada para penulis, khususnya mereka yang masih awam agar terus berusaha dalam berkarya “Berani mencoba memulai, berani gagal, dan yang terakhir adalah berani berhasil, karena keberhasilan dapat menjadi pedang bermata dua,” ujar Dee. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan sesi book signing dan foto bersama.

Reporter : Panjalu Satrio

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *