Belajar Berkarier Profesional dari PT HM SAMPOERNA Tbk

IMG-20160316-WA0001[1]

HM Sampoerna Tbk. yang merupakan salah satu perusahaan multinasional serta perusahaan rokok terbesar di Indonesia mengadakan Seminar Campus Hiring Recruitment dengan tema Sampoerna Graduate Trainer. Seminar ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama untuk mahasiswa semester empat, sementara sesi kedua diperuntukkan bagi mahasiswa semester enam dan freshgraduate.

Seminar sesi pertama dimulai pukul 10.00. Darwin selaku pembicara pada sesi pertama menyampaikan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan mahasiswa semester empat, yakni memulai karier, meningkatkan kualitas dalam diri, serta mengikuti program internship (magang).  Darwin juga mengenalkan program internship yang dimiliki HM Sampoerna yaitu Inkompass. Program ini memungkinkan mahasiswa berkarier di luar negeri. Sesi ini ditutup dengan pembagian hadiah bagi pendaftar Inkompass tercepat.

Seminar sesi kedua dimulai pukul 13.25 dan dipandu oleh Lukky serta Tutus selaku perwakilan dari PT. Sampoerna. Sesi ini menjelaskan tentang bagaimana  mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja. Luky menekankan bahwa di era milenium ini, bukan perusahaan yang mencari pekerjanya, namun pekerja lah yang harus mencari perusahaan.

Ada tiga hal yang harus dipersiapkan untuk memulai mencari pekerjaan. Pertama, mempersiapkan diri sendiri dengan menyadari kelebihan serta kekurangan yang dimiliki. Kedua, membuat Curiculum Vitae (daftar riwayat hidup) dengan baik agar pihak perusahaan tertarik merekrut calon pekerja. Ketiga, memenangkan interview  (sesi wawancara). Para calon pekerja dituntut untuk dapat menaklukkan para interviewer saat wawancara. Sebab menurut Lukky, banyak para calon pekerja ini yang gagal di tahap ini karena kurangnya persiapan atau kurang tepat dalam menjawab pertanyaan, khususnya jika mereka ditanyakan mengenai jumlah gaji yang mereka inginkan. Di akhir sesi ini, Lukky menampilkan video mengenai profil perusahaan PT. HM Sampoerna Tbk.

Di sela-sela sesi seminar, Tutus Selaku Manager Talent Acquisition Strategy & Diversity Inclusion memberikan arahan kepada peserta seminar mengenai bagaimana memulai karier di dunia professional serta mengenai program Sampoerna Graduate Trainer.  Tutus menambahkan bahwa saat ini banyak sekali perusahaan hanya melihat IPK hanya sebagai seleksi awal administrasi namun soft skill para calon pekerja lah yang menjadi penentu. Alumni Teknik Sipil Undip ini juga menambahkan bahwa dengan adanya Sampoerna Graduate Trainer ia berharap mahasiswa Undip dapat  melebarkan kariernya di dunia profesional.

Reporter : Nungky, Petra, Rismanto

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *