BEM FEB Undip Adakan Sharing Info Beasiswa

FEB Undip (8/4) – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip kembali mengadakan Sharing Info Beasiswa di Dome pada pukul 10.00 WIB kemarin. Acara ini selain bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa mengenai peluang dalam mendapatkan beasiswa, juga memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk bisa memperoleh beasiswa sebagai nilai tambah diri masing-masing. Hadir sebagai pembicara adalah Abdul Rahim selaku Ketua Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) Undip dan Inan Akhmad Sulaiman selaku perwakilan mahasiswa penerima Djarum Beasiswa Plus FEB.

Acara dimulai dengan pemaparan materi oleh Abdul Rahim mengenai Beasiswa KSE. Menurut Abdul, selain memberikan bantuan pendidikan berupa uang sebesar Rp 600.000,00 per bulan, beasiswa KSE juga mengadakan berbagai pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam berbagai hal, seperti pengembangan diri, professional, dan akademik. Ia juga menuturkan bahwa informasi mengenai registrasi online dan persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran beasiswa KSE dapat diakses melalui www.karyasalemba4.org dan www.beasiswa.or.id. Sementara registrasi online UNDIP akan diadakan pada tanggal 18-30 April 2015 atau sesuai dengan jadwal PTN di web KSE.

Sharing info beasiswa dilanjutkan dengan hiburan oleh Ketua BEM FEB, M. Naufal Thaha. Kemudian, sosialisasi beasiswa diisi dengan materi seputar Djarum Beasiswa Plus 2015/2016 oleh Inan Akhmad Sulaiman. Inan mengatakan bahwa Djarum Beasiswa Plus diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi. “Kenapa ada kata plus dalam Djarum beasiswa ini, karena beasiswa ini bukan diperuntukkan kepada mahasiswa yang kurang mampu, akan tetapi Djarum Beasiswa Plus ini untuk mahasiswa yang berprestasi, jadi semua mahasiswa bisa mendaftar asal mempunyai prestasi,” ujar mahasiswa Akuntansi 2012 ini. Inan juga menambahkan bahwa beasiswa ini bertujuan untuk membentuk karakter serta membangun jiwa kepemimpinan bagi penerimanya sehingga mereka akan didaftarkan coaching serta berbagai pelatihan dari professional dan alumni. Pendaftaran Djarum Beasiswa Plus dibuka pada tanggal 1 April 2015 hingga 31 Mei 2015 dengan mengisi form pendaftaran online di website resmi Djarum Beasiswa Plus.

Sharing Info Beasiswa telah dilaksanakan sebanyak dua kali oleh BEM FEB Undip yaitu pada tahun 2014 dan 2015. Para peserta terlihat antusias dalam mengikuti acara ini, terutama mahasiswa angkatan 2013 dan 2014. Berbagai pertanyaan terkait beasiswa yang dipaparkan diajukan oleh para peserta pada sesi tanya jawab.  Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara ditutup pada pukul 12.00 WIB.

Pratama Septanori selaku ketua panitia mengaku tidak menghadapi kendala yang berarti dalam pelaksanaan acara ini. Persiapan dilakukan selama delapan hari untuk mencari pembicara dan mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan. Ia juga berharap agar ke depannya acara ini dapat diselenggarakan pada waktu yang tepat sehingga tidak bersamaan dengan jadwal kuliah mahasiswa. Mereka berharap dengan diadakan kegiatan yang baru dimulai tahun lalu itu dapat memberikan informasi beasiswa yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan dapat memberikan bantuan bagi mahasiwa yang ingin menerima beasiswa karena menurut Pratama, kegiatan ini dihadiri banyak mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa akan tetapi terkendala informasi yang kurang memadai. (gt)

 Reporter : Khikmah, Dea

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *