BI bersama Media Indonesia Bangun Optimisme Mahasiswa dalam Berwirausaha

Undip (26/9) – Bank Indonesia (BI) dan Media Indonesia (MI) menggelar seminar bertajuk BI and MI Goes To Campus dengan tema Optimisme Dunia Usaha dalam Menghadapi Tantangan Global. Bertempat di Stadion Futsal Undip, acara ini diikuti oleh 3000 peserta dan merupakan rekor perserta terbanyak dalam acara yang digelar oleh BI dan MI. Undip menjadi universitas kedua yang dikunjungi oleh BI dan MI. Acara ini dimoderatori oleh News Anchor Metro TV, Prita Laura, serta dihadiri oleh dua keynote speaker yaitu Wakil Ketua DPR RI Karkesim, Taufik Kurniawan, dan Dwi Pranoto selaku Kepala Departemen Regional II BI. Selain itu, turut hadir pula empat pembicara, yaitu Iskandar Simorangkir selaku Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Usman Kansong sebagai Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Rektor Undip yaitu Yos Johan Utama, serta Founder sekaligud CEO bukalapak.com, Achmad Zaky.

Taufik Kurniawan sebagai keynote speaker menjelaskan bagaimana upaya dan strategi Indonesia untuk mempersiapkan generasi yang handal dalam mengahadapi tantangan kompetisi global. Ia mengatakan untuk menghadapi MEA, masyarakat terutama mahasiswa harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta penguasaan bahasa asing yang memadai. Sama halnya dengan Taufik, Dwi Pranoto juga menegaskan bahwa terdapat tiga hal yang harus dimiliki agar mampu bersaing di dunia global, yaitu usaha dengan menyehatkan daya saing, penguatan sumber daya manusia, serta peningkatan daya saing UMKM dan jiwa enterpreneurship.

Sebelum memasuki penyampaian materi mahasiswa dihibur dengan penampilan komik asal Jogja, Anang Batas. Pemateri pertama, Iskandar Simorangkir, menerangkan seputar cara meningkatkan optimisme Indonesia dan Jawa Tengah di tengah krisis perekonomian global. Kedua, Usman Kasong mengatakan bahwa dalam persaingan global, seseorang harus mampu melihat dan memanfaatkan peluang dengan baik, serta bukan hanya masyarakat saja yang perlu diperbaiki, tetapi institusional untuk mendukung masyarakat. Ketiga, Achmad Zaky yang telah memulai bisnis saat mahasiswa berbagi tips mengenai cara untuk memulai usaha. Mengakhiri sesi materi, Yos Johan Utama menyampaikan upaya-upaya Undip untuk mendukung mahasiswa dalam berwirausaha. Ia mengatakan Undip akan memiliki laboratorium kewirausahaan untuk mendukung praktik wirausaha yang terletak di Fakultas Ekonimika dan Bisnis.

Dwi Nanda Saputro, mahasiswa Teknik Geodesi Undip, mengaku mendapatkan banyak ilmu dari acara tersebut. Sebagai mahasiswa yang sedang berbisnis, ia semakin termotivasi untuk membesarkan bisnisnya. “Saya berharap Undip bisa lebih mendukung dalam masalah entrepeneurship,” ucap Nanda. Adita Fitri, mahasiswi FKM UNDIP berharap acara serupa bisa dihadirkan kembali dengan pemateri yang lebih menarik lagi. “Acara seperti ini bagus karena sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan lebih mengenai wirausaha,” ucap Adita.

Reporter : Samuel Petra

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *