Bursa Durian Lokal di Semarang Festival Durian 2017

Semarang (26/2) – Dinas Pertanian Kota Semarang kembali mengadakan “Semarang Festival Durian”. Bertempat di lapangan Waduk Jatibarang Kota Semarang, festival ini berlangsung tanggal 24-26 Februari 2017. Hendrar Prihadi (Walikota Semarang) hadir untuk membuka acara dan mengunjungi stand-stand durian di hari kedua. Festival durian yang menginjak kali keempat ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan aneka produk durian kualitas unggul lokal, terutama dari wilayah Gunungpati dan Mijen yang merupakan sentra durian Kota Semarang.

Serangkaian kegiatan pun dihelat di agenda tahunan ini. Sebelumnya di hari pertama (24/2) telah diadakan lomba durian unggul lokal. Di hari kedua (25/2) ada gunungan durian dan kirab juara durian unggul lokal, lomba makan durian, serta lomba mengukir dan merangkai buah nusantara. Di hari terakhir (26/2) ada fashion show anak & remaja, serta senam konservasi durian. Tak ketinggalan inti dari festival ini, yaitu bursa durian yang diadakan dari hari pertama hingga penutupan acara. Hujan yang sempat turun tak menurunkan animo para pengunjung yang menikmati buah durian langsung maupun hasil olahan. Durian yang dijual pun berasal dari berbagai daerah, mulai Semarang, Ambarawa, hingga Sumatera dan Kalimantan.

Suasana di Bursa Durian
Suasana di Bursa Durian

Menurut Mahmud, salah satu penjual durian, festival durian kali ini lebih ramai dan lebih baik dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dirinya mengaku bahwa jumlah durian yang terjual lebih banyak dibandingkan tahun lalu, bahkan keuntungan tiap harinya bisa mencapai tiga juta rupiah. “Penjual biasanya membeli durian dari pengepul di daerah Jepara dan Wonosobo yang sudah terpercaya kualitasnya. Saya berharap agar festival durian tahun depan dapat lebih baik lagi dan lebih banyak lagi pengunjung datang,” kata Mahmud.

Mahalnya harga durian menjadi sorotan tersendiri oleh beberapa pengunjung. “Seharusnya kalau festival itu harganya berbeda dengan harga di pasaran,” ujar Ahmad, salah satu pengunjung yang mengeluhkan. Namun dirinya cukup puas dengan rangkaian acara mulai dari hari pertama sampai acara selesai.

Reporter: Haritz dan Muhammad Fauzan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *