Calon Ketua HMD IESP Saling Beradu Visi dan Misi melalui Membar Bebas

FEB Undip (1/11) – Himpunan Mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HMD IESP) mengadakan mimbar bebas sebagai salah satu rangkaian acara dari Suksesi 2018. Mimbar bebas tersebut dilaksanakan pada Kamis 1 November 2018 yang bertempat di Dome FEB Undip. Mimbar bebas ini diselenggarakan untuk menyampaikan visi misi maupun gagasan dari para calon ketua HMD IESP yaitu Rangga Bayu Kresna (nomor urut 1) dan Ilham F. Akbar (nomor urut 2) agar nantinya mahasiswa departemen IESP dapat memilih dengan tepat.

Ketua Suksesi HMD IESP 2018, Elisabeth Sihite menerangkan bahwa tujuan diadakannya mimbar bebas ini hampir sama dengan debat yang telah dilaksanakan pada 30 Oktober 2018 lalu. Hanya saja perbedaanya adalah mimbar bebas ini digunakan sebagai wadah untuk masyarakat IESP agar bisa menilai para calon kandidat ketua serta mengetahui input dan ouput dari para calon, “Jadi pertanyaan dari panelis serta audience bisa digunakan untuk menilai bagaimanakah para calon dalam mempersiapkan jawaban dalam waktu singkat,” jelasnya.

Dalam mimbar bebas ini, Rangga Bayu kresna menyampaikan visi  yaitu “Bersama Mewujudkan Mahasiswa IESP yang Bergerak Aktif dan Dinamis dengan Sinergitas Aksi yang Nyata”. Selain menyampaikan visi, Rangga juga menyampaikan nilai organisasi yang akan ia realisasikan yaitu profesional, aspiratif, progresif dan sinergis. Selain itu, hal yang memotivasi Rangga untuk mencalonkan dirinya sebagai calon ketua HMD IESP yaitu ia menganggap belum maksimalnya peran himpunan dalam memberikan output. Dan ia menyampaikan bahwa peran pemimpin untuk saat ini yaitu pemimpin yang solutif dan bertanggung jawab.

Sedangkan kandidat nomor 2, Ilham F. Akbar menyampaikan visi  yaitu “Mewujudkan HMD IESP yang Inklusif (Inspiratif, Kontributif, Suportif, Prestatif)”. Sama dengan Rangga, Ilham juga menyampaikan nilai organisasi yang akan ia realisasikan yaitu edukatif, apresiatif, kolaboratif, progresif, loyalitas. Berbeda dengan Rangga, hal yang memotivasi Ilham untuk mencalonkan dirinya sebagai calon ketua HMD IESP yaitu rasa cintanya terhadap himpunan sebab menurut dia himpunan telah menjadi wadah baginya untuk berprogres. Dan kriteria pemimpin untuk saat ini menurut Ilham yaitu pemimpin yang mampu mengayomi anggotanya dan mempunyai visi misi ke depan dengan tujuan lebih baik lagi serta memiliki rasa tanggung jawab.

Elisabeth berharap semoga acara mimbar bebas ini kedepannya dapat membuat seluruh masyarakat IESP jadi mengetahui kandidat mana yang akan mereka pilih dan semoga Daftar Pemilih Tunggal (DPT) yang sudah tercantum dapat memilih saat Pemilihan Raya yang akan dilaksanakan pada 8 November mendatang, “Semoga tahun DPT yang menyuarakan hak nya bisa mencapai minimal 30% atau kalau bisa lebih, sehingga aku berharap semoga tidak ada yang golput dalam pemira yang akan datang,” tutupnya.

Reporter: Annisa Jasmine dan Jessica Rahma S.A

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *