Career Development: Seminar Exchange, Media Buka Mata dan Wawasan

FEB Undip (19/9) – Setelah sukses mengadakan seminar Grooming yang mengupas tuntas mengenai pelatihan wawancara kerja sama dan penampilan pada Jumat (18/9) lalu, Kesma BEM FEB Undip kembali melanjutkan Career Development 2015 dengan seminar Exchange dengan materi beasiswa ke luar negeri serta pertukaran anatarmahasiswa. Seminar Exchange diadakan di Hall Gedung C pada pukul 09.00 WIB dan diawali dengan sambutan oleh Diah selaku wakil ketua acara. Terdapat tiga pemateri dalam acara ini, yaitu Ns.Nana Rochana, Ariza Faudi, dan Imam Santoso.

Dimoderatori oleh Rifki Hanif, Juniardi mahasiswa IESP 2014, peampaian materi pertama oleh Ns.Nana Rochana pun dimulai pada pukul 09.15 WIB. Nana selaku alumni ADS awards 2013 menyampaikan materi seputar beasiswa luar negeri. Ia mengatakan bahwa untuk kuliah di luar negeri, seseorang harus berani bermimpi, menentukan negara mana yang akan dituju, disertai dengan berdoa. Materi selanjutnya disuguhkan oleh Ariza Faudi selaku Dosen Ekonomi Islam FEB Undip yang merupakan alumni dari Belanda Islamic Studies. Ia mengulas materi seputar Pengalaman Mencari Beasiswa dan Belajar di Luar Negeri pada sesi ini.

Setelah sesi tanya jawab dan hiburan, pukul 11.20 WIB materi dilanjutkan oleh Imam Santoso selaku Konsultan Pendidikan Alfalink. Alfalink merupakan konsultan pendidikan yang memberikan jasa gratis bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Imam Santoso menyampaikan bahwa ada beberapa channel beasiswa yang dapat digunakan oleh para mahasiswa seperti Dikti dan LPDP. Ia juga memberikan lima tips kepada para peserta agar dapat kuliah di luar negeri, yaitu dengan membiasakan membaca, merubah pola pikir, start moving (Action,Change,Things), meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, serta menghemat biaya hidup. “Lebih baik meraih beasiswa daripada diberi beasiswa,” ungkap Imam.

“Acaranya bagus dan yang pasti menginspirasi sekali, banyak pengalaman baru yang dishare selain itu acaranya juga rapi. Tapi stau kekuranganya, kita tidak tahu rundown acaranya jadi untuk pembukaan acaranya agak telat,” ungkap Amalia, mahasiswi Akuntasi FEB Undip 2013. Selain itu, Vera mahasiswa baru jurusan DIII Perpajakan juga mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangatlah penting, karena dapat membangun dan memotivasi. “Harapan untuk acara ini selanjutnya semoga bisa melanjutkan seminar Career Development dan semoga antusias para pesertanya lebih banyak,” ujar Diah. (gt)

Reporter : Dewi, Tias

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *