DASH 2014, Kompetisi Akuntansi Tingkat Nasional

FEB Undip (25/9) Delapan universitas di pulau Jawa mengikuti lomba nasional akuntansi dalam Diponegoro Accounting’s Harmony (DASH) 2014. Acara yang sudah digelar sejak tahun 2010 ini, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (HMJA FEB Undip).

“Acara DASH ini bertujuan untuk melaksanakan program tahunan kami dan mengadakan kompetensi agar menambah wawasan. Selain itu, agar Akuntansi Undip bisa dikenal di tingkat nasional,” tutur Galuh Sakuntala Ratri, ketua panitia DASH 2014.

DASH 2014 terdiri dari empat rangkaian acara yakni Diponegoro Accounting Competition (DAC) dan seminar nasional di hari pertama (25/9). Acara ini digelar di Hall Gedung C FEB Undip pada pukul 08.00 WIB. Rizal Hari Magnadi, staf ahli Pembantu Dekan III FEB Undip hadir sekaligus membuka DAC. Tari Jawa “Gado Gado Semarang” turut memeriahkan pembukaan DASH 2014. Setelah itu, diadakan technical meeting mengenai rangkaian lomba yang terdiri dari penyisihan tahap satu secara individu dan tim. Untuk lomba individu yaitu “From Me for Team” dilaksanakan di laboratorium FEB Undip,  sedangkan lomba tim “We are Team” dilaksanakan di gedung PKM FEB Undip. Perlombaan di sesi pertama dilakukan guna mencari tujuh tim terbaik untuk diseleksi menjadi tiga besar.

Dalam DAC sebanyak 11 tim berpartisipasi, yakni dua team dari Universitas Gajah Mada (UGM),  satu team dari Universitas Airlangga (UNAIR), satu team dari Universitas Indonesia (UI), satu team dari  Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), dua team dari Universitas Katolik Widia Mandala, dua team dari Universitan Krtisten Satya Wacana,  satu team dari Universitas Bina Nusantara (BINUS), dan Universitas Sanata Dharma. Undip sendiri tidak bisa ikut serta dalam lomba ini, karena menjadi tuan rumah kompetensi. Dalam penyisihan tahap satu, tujuh tim berhasil lolos yaitu dua tim dari Universitan Katolik Widia Mandala, dua tim dari Universitas Krtisten Satya Wacana, satu tim dari Universitas Bina Nusantara, dan dua tim dari Universitas Gajah Mada.

Di hari kedua (26/9), diadakan final yang mempertemukan tiga besar lomba tim “We are Team” di Dome FEB Undip. Selanjutnya pada siang hari diadakan city tour mengelilingi kota Semarang. Pada malam harinya digelar awarding night sebagai malam puncak acara sekaligus pengumuman pemenang di Rinjani View. Keluar sebagai pemenang, tim 2 Universitas Katolik Widia Mandala sebagai juara pertama, juara kedua diraih oleh tim 1 Universitas Katolik Widia Mandala, dan tim 2 Universitas Kristen Satya Wacana berhasil menjadi juara ketiga.

Galuh mengatakan, acara ini terkendala masalah persiapan. Pasalnya panitia tidak mendapatkan surat izin kuliah, sehingga panitia terpaksa bergantian. Selain itu, Galuh juga mengatakan bahwa peserta  tidak mencapai target. Mulanya ia dan panitia menargetkan 30 tim yang berpartisipasi. “Saya berharap acara lancar, peserta terkesan, dan tidak kecewa akan Undip,” tutur Galuh. (nq)

Reporter: Dian Mustika

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *