DCMD, Sarana Penggerak Jiwa Investasi Mahasiswa

Desmond Wira saat memberikan materi (doc. Edents)


Undip (12/10) – Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) FEB Undip selenggarakan Seminar Nasional “Diponegoro Capital Market Days” (DCMD) pada Sabtu (12/10). Bertempat di gedung Prof. Sudharto kampus Undip Tembalang, seminar ini mengangkat tema “Stock Investment: Take Risk, Take Return”. Acara ini menghadirkan Nico Omer (Vice President, Research and Analysis Valbury), Desmond Wira (Investor, Trader, dan Author of 8 Best Seller Books), serta Stephanus Cahyanto Kristiadi (Kepala Kantor PT. Bursa Efek Indonesia perwakilan Semarang) sebagai pembicara.
“Seminar ini diadakan karena kami melihat banyak minat dari mahasiswa untuk terjun ke pasar modal. Jadi kami dari KSPM, merasa terpanggil untuk menyediakan wadah bagi mereka,” ujar Dionisius Purwandono, ketua panitia DCMD.
Acara dibuka dengan penampilan Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Fakultas Teknik, kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia DCMD serta sambutan ketua KSPM, Robinson Bangun. Selanjutnya sambutan diberikan oleh Pembina KSPM, Irene Rini Demi dan sambutan dari Dekan FEB Undip yang diwakili oleh Rizal Hari Magnadi sekaligus memukul gong tanda dibukanya acara. Materi pertama disampaikan oleh Stephanus Cahyanto yang menyampaikan materi terkait seluk beluk pasar modal. Menurutnya dalam berinvestasi harus memegang prinsip “Don’t Pull All Eggs in One Basket” yang berarti untuk mengurangi resiko investasi, kita perlu menyebar penempatan investasi sehingga bisa terhindar dari resiko kerugian secara total.
Materi kedua disampaikan oleh Desmond Wira yang menjelaskan trading saham dengan analisis teknikal. Analisis teknikal merupakan suatu analisis dalam trading jangka pendek menengah yang memanfaatkan fluktuasi harga. Namun menurutnya analisis ini memiliki kelemahan yaitu hanya memperhitungkan masa lampau sehingga tidak bisa mengetahui data masa depan. Selain itu, kelemahan yang lain adalah kesalahan dari pengguna itu sendiri seperti salah menganalisis atau salah menggunakan. 
Materi terakhir diberikan oleh Nico Omer dengan judul “Smart Investing in The Capital Market.” Nico pun memberikan saran mengenai investasi antara lain, jangan masuk ke pasar tanpa disertai alasan atau sinyal yang jelas berdasarkan analisa, serta sebaiknya melakukan analisa fundamental dan analisa teknikal secara komprehensif dan sistematis.
Acara terakhir ditutup dengan pengumuman pemenang paper competition se-Jawa yang merupakan salah satu rangkaian acara DCMD. Juara pertama diraih oleh Ardy dan Erika (Undip). Juara kedua disabet oleh Universitas Airlangga, atas nama Solikin dan Galih. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Erdina dan Jannah dari Undip. (hya)
Reporter: Rio Putri, Puspa Tyas
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *