DCMD, Solusi Tepat Mengenal Investasi dan Saham

Undip (13/06) – Diponegoro Capital Market Days (DCMD) tahun ini angkat tema Brain Storming for a Perfect Investment. Acara diadakan di Gedung Serba Guna Balai Pengembangan SDM Wilayah II Semarang (LPPU Undip) dan bertujuan untuk membuka cakrawala baru mengenai ilmu pasar modal bagi para civitas akademika serta masyarakat secara umum.

Adalah Stefanus Cahyanto Kristiadi Kepala Kantor Perwakilan PT Bursa Efek Indonesia di Semarang yang hadir sebagai pembicara pertama. Stefanus menyampaikan materi mengenai investasi, seperti penanaman investasi sejak dini, pemahaman mengenai risiko berinvestasi, kewaspadaan terhadap investasi ilegal, dan terakhir mengenai cara menjadi seseorang perfect investor. Selanjutnya, Jimmy Dimas Wahyu selaku Chief Executive Officier Phillip Securities Indonesia yang menyatakan bahwa investasi akan lebih menguntungkan jika dilakukan di pasar modal, bukan bank. “Meskipun takdir ditentukan oleh Tuhan, tetapi semestinyna nasib itu ada di tangan kita,” ujar Jimmy ketika membicarakan mengenai filosofi saham. Materi terakhir, oleh Ryan Filbert Wijaya, seorang Indonesian Investment Inspirator yang mengenalkan konsep dari investasi pada pemula khususnya mahasiswa di Indonesia. Juga pemahaman tentang seberapa penting peran pasar modal di Indonesia hingga kiat-kiat bagaimana mendapatkan keuntungan atas saham yang kita tanamkan.

Di sela-sela pemaparan materi oleh ketiga pembicara, panitia mengumumkan lima finalis pemenang Juara Nasional OnlineTrading Capital yang mana predikat juara pertama berhasil disabet oleh Erik Christian dari Universitas Prasetya Mulya. Selain itu, ada pula penampilan dari pemenang Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 4 yaitu David Nurbianto.

Seminar ini merupakan salah satu proker terbesar dari KSPM yang menurut ketua pelaksana telah dipersiapkan sejak Desember tahun lalu. Terdapat banyak kendala, diantaranya masalah tempat pelaksanaan acara yang semula akan dilaksanakan di Gedung Prof. Soedarto, tetapi terpaksa dialihkan ke LPPU sehingga menyebabkan perubahan susunan acara hingga pembekakan biaya.

Salah satu peserta melihat pelaksanaan acara ini sebagai hal yang positif. Menurutnya, acara ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai saham sekalipun bagi mahasiswa diluar ekonomi seperti dirinya. Menanggapi hal tersebut, Amir selaku ketua pelaksana berharap agar kedepannya DCMD akan lebih menghadirkan acara yang lebih inovatif.

Reporter: Dea

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *