DEFEST 2014, Wadahi Mahasiswa Tuk Salurkan Ide Kreatif

FEB Undip (8/10) – Diponegoro Economic Festival (DEFEST) 2014 secara resmi dibuka Rabu (8/10) di Dome Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip).  Acara yang bertemakan “Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat dan Kemandirian Ekonomi Indonesia melalui Optimalisasi Penggunaan Sumber Daya Alam” ini memiliki tiga kegiatan utama yaitu Invention (Innovative Research Paper National Competition), lomba desain poster, dan seminar nasional. Rangkaian kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari dan ditutup dengan seminar nasional di Grasia Hotel Convention Center Semarang pada Sabtu (11/10).

Peserta DEFEST 2014 berasal dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia, seperti UI, ITS, UGM, Undip, Unair, UB, UII, Unnes, dan Universitas Haluleo Kendari. Peserta yang berpartisipasi pada lomba desain poster sebanyak 32 poster. Sedangkan Invention telah menerima 17 karya tulis yang dikerucutkan menjadi sepuluh besar untuk dipresentasikan.

Pemenang lomba desain poster berasal dari Undip sebagai juara pertama dan juara ketiga, kemudian UGM menempati juara kedua, lalu disusul oleh IPB sebagai juara favorit. Sedangkan, komposisi sepuluh finalis kegiatan Invention yaitu tiga paper dari mahasiswa UB, dua paper dari mahasiswa Undip, Unair, Unnes, dan satu paper dari mahasiswa UGM.

Nur Fahmi Rofiq, selaku ketua panitia mengaku kegiatan DEFEST tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat kalinya sejak di gelar tahun 2011. “Untuk tahun ini kita ada tambahan acara, kalau tahun lalu hanya ada lomba paper dan seminar nasional, maka tahun ini ada acara lomba desain poster,” tukas Rofiq.

Rofiq berharap dengan adanya DEFEST 2014, bisa menggugah dan mewadahi para mahasiswa sehingga dapat menyalurkan ide dan gagasannya melalui kegiatan-kegiatan positif dan membuka cakrawala mahasiswa terhadap kekayaan SDA di bumi pertiwi. (nq)

Reporter: M. Andika Jawara

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *