Dermawan: Darahmu Menyelamatkan Kolegamu

(doc.Edents)
(doc.Edents)

FEB Undip (6/3) – Pada hari Kamis (6/3) bertempat di ruang rapat gedung B lantai 2 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip), diadakan aksi donor darah. Kegiatan ini diadakan dalam rangka Dies Natalis ke-54 FEB Undip berkat kerjasama antara Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang, dan Korp Sukarela (KSR) PMI Undip. Donor darah dimulai pada pukul 09.30 -14.00 WIB. Namun demikian, sekitar pukul 13.00 WIB kegiatan ini ditutup. Sebab, jika terlalu lama, darah dari pendonor tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan.

“Fakultas sudah tidak muda lagi, sudah mencapai usia yang  dewasa, yakni dewasa sebagai lembaga pendidikan yang  dapat memberi manfaat bagi masyarakat salah satunya yaitu melalui donor darah,” kata Nita, ketua panitia donor darah ketika ditanyai mengenai tujuan acara. Nita menambahkan bahwa acara donor darah ini sudah direncanakan sejak Februari 2014, sedangkan pemmbentukan panitia baru dimulai awal perkuliahan semester genap 2013/2014. “Namun syukurlah acara donor darah berjalan dengan lancar,” sambungnya. Tampak tingginya antusiasme pendonor, baik dari mahasiswa, karyawan, maupun dosen FEB. Bahkan dari fakultas lain pun turut berpartisipasi dalam donor darah ini, seperti FISIP, FSM, FKM, dan FPIK.

Nita mengatakan bahwa panitia menargetkan 100 kantong darah untuk hari ini, tetapi karena waktunya terbatas  panitia hanya dapat mengumpulkan 70 kantong darah dari 134 peserta  yang terdaftar. Selain itu, kebanyakan pendonor yang ditolak ialah perempuan dengan alasan HB yang rendah. Dermawan, salah satu mahasiswa Akuntansi 2013 yang ikut menjadi pendonor dalam kegiatan ini mengaku termotivasi karena ingin membantu sesama seperti motto kegiatan ini yaitu “Darahmu menyelamatkan keluargamu, saudaramu, temanmu, bahkan dirimu sendiri”. Nita berharap dikemudian hari akan ada acara donor darah atau acara sosial lainnya dari Undip untuk membantu masyarakat. (nq)
Reporter : Rini Wati

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *