Dialog Entrepreneur FEA 2015: Kupas Kiat Usaha dari Pakarnya

PhotoGrid_1448634670360[1]

Semarang (26/11) – Sebagai komunitas baru dalam lingkup alumni Universitas Diponegoro, untuk pertama kalinya Forum Entrepreneur Alumni (FEA) Undip bekerjasama dengan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip menyelenggarakan Seminar Nasional UMKM dan Dialog Entrepreneur. Seminar dan dialog ini berhasil menjaring hingga lebih dari 1400 peserta. Bertempat di Rama Shinta Ballroom Hotel Patrajasa, acara ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu seminar nasional yang diselenggarakan sejak pagi hingga sore hari dan Dialog Entrepreneur pada malam harinya.

Terkait dengan pemilihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai tema utama FEA,  Bintang Naratri selaku ketua panitia acara mengatakan bahwa pegiat UMKM di Indonesia masih sedikit.  “Negara bisa dibilang maju kalau jumlah pengusahanya minimal 2 persen dari jumlah total penduduk, sementara di Indonesia baru mencapai angka 1,6 persen. Nah, disini UMKM punya peran untuk memajukan perekonomian,” ujar Bintang mengenai pemilihan UMKM sebagai tema acara.

Dialog Entrepreneur pada bagian kedua dimulai pukul 19.27 WIB setelah dibuka oleh penampilan dari Economic Voice. Menghadirkan beberapa pelaku wirausaha yang berkompeten di bidangnya, acara ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama menghadirkan Wayan Sudjana Sudja dan Choirul Djamhari sebagai pembicara. Wayan adalah seorang pengusaha di bidang budidaya ikan laut sekaligus menjabat sebagai sekjen Asosiasi Budidaya Ikan Laut Indonesia (ABILINDO). Sedangkan Choirul adalah Deputi Menteri Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM. Setelah diselingi oleh fashion show dari Lois Jeans dan pembagian doorprize, acara dilanjutkan dengan sesi kedua yang menghadirkan pembicara Widya Agustina sebagai pelaku usaha bidang fashion/retail di bawah brand Lois Jeans dan Nilam Sari Setiono selaku pemilik Kebab Turki Baba Rafi.

Pelaksanaan FEA sendiri tak luput dari kendala, antara lain lokasi yang terpisah antara panitia di Jakarta dan Semarang. Penugasan kepada panitia mahasiswa yang dilakukan cukup mepet dengan pelaksanaan acara juga menjadi hambatan lainnya dalam acara ini.

Seminar dan dialog ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi alumni Undip untuk memberi inspirasi bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa Undip pada khususnya. Deasy, salah seorang peserta berharap setelah mengikuti acara ini ia dapat meningkatkan kemampuan wirausahanya. “Semoga setelah ini saya bisa mengembangkan skill wirausaha sehingga saya bisa mengembangkan bisnis keluarga,” ujar Deasy. Acara ditutup dengan pembagian doorprize berupa 49 produk Lois Jeans, 2 unit telpon genggam, dan 2 unit laptop.(nw)

Reporter: Mutia Rahmania

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *