Dialog Interaktif: Tata Kelola Aset Daerah

FEB Undip (11/03) – Hari ini, Hall Gedung C kembali diramaikan dengan salah satu rangkaian agenda dies natalis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) yang ke 53. Mengusung konsep dialog interaktif dengan tema Tata Kelola Aset Daerah, acara pagi tadi disiarkan langsung melalui siaran radio lokal. Dialog interaktif ini dimoderatori oleh Pras, dan menghadirkan tiga narasumber yaitu Yaerzy Ferdian dari Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, R. Agus Sutyoso selaku Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Sekretariat Daerah Kota Semarang, dan Haryanto selaku dosen FEB Undip.
(kiri-kanan) R. Agus Sutyoso, Haryanto, Yaerzy Ferdian, dan Pras – dok. Edents

Masing-masing pembicara memaparkan materi berkaitan dengan pengelolaan aset daerah. Yaerzy mengungkapkan bahwa tata kelola aset daerah Kota Semarang sudah cukup baik, hanya saja kerjasama dengan pihak ketiga (investor –red) masih cukup rendah. Yaerzy menyayangkan aset daerah Kota Semarang yang belum dapat dioptimalkan, menurutnya pengoptimalan dapat dilakukan melalui kerjasama dengan pihak ketiga.
Menanggapi hal tersebut, Agus berpendapat bahwa pengelolaan aset daerah jangan hanya profit oriented, tetapi juga melihat kepentingan publik. Agus menambahkan dari sekitar 3200 aset daerah Kota Semarang, sekitar setengahnya masih belum terdata. Menurut Haryanto, masih banyak aset daerah yang tidak diketahui, tidak dikuasai, dan tidak dicatat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Haryanto menambahkan bahwa tahun 2013 ini merupakan tahun yang tepat untuk dilakukan sensus aset daerah.
Usai pemaparan dari pembicara, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Beberapa peserta baik mahasiswa maupun dosen mengajukan pertanyaan maupun pendapatnya masing-masing. Sebelum acara ditutup, moderator meminta setiap pembicara untuk menyampaikan beberapa catatan penting. Yaerzy mengungkapkan bahwa dewan akan mendukung penuh tindakan Pemkot, selama itu bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat. Agus menyampaikan bahwa Pemkot memiliki komitmen yang tinggi untuk mengelola aset daerah. Sedang Haryanto berharap pengelolaan aset daerah dapat berjalan semakin baik, adanya sinergi antara Pemkot dan dewan, juga dibuat standar operasional untuk mengoptimalkan pengelolaan aset.
Acara ditutup pada pukul 12:00 wib dengan penyerahan plakat kepada moderator dan tiga pembicara oleh Anis Chariri selaku Pembantu Dekan (PD) I FEB Undip. Dialog interaktif akan disiarkan ulang malam ini pukul 22:00 di stasiun televisi lokal. (hya)
Reporter: Hayatun Nufus
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *