Dialog Kebangsaan, Suatu Aksi Akan Pentingnya Nasionalisme

Undip (9/10) –Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANNAS RI) selenggarakan “Dialog Kebangsaan Dalam Rangka Memantapkan Nilai–Nilai Kebangsaan Di Kalangan Mahasiswa Melalui Implementasi Empat Konsensus Dasar Bangsa”. Acara ini bekerjasama dengan Bagian Minat, Penalaran, dan Informasi Kemahasiswa Undip yang bertempat di Aula lantai tiga Gedung Dekanat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). Acara diselenggarakan 8-10 Oktober 2013 mulai pukul 09.00 hingga 12.30 wib dan dihadiri 100 mahasiswa pilihan.

Acara dibuka oleh Rektor Undip, Sudarto P.Hadi. Dalam sambutannya Sudarto menekankan pentingnya penerapan nilainilai kebangsaan di era globlalisasi yang menurutnyamasih relevan di kehidupan seharihari. Pada hari kedua ia pun sempat mengisi dialog dengan topik “Peran Perguruan Tinggi dalam Mengimplementasikan Nilai–Nilai Kebangsaan. Hal ini dimanfaatkan mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya dalam proses dialog yang berkaitan dengan implementasi nilai-nilai kebangsaan.

Pokok dari Dialog Kebangsaan ini adalah empat konsensus dasar yaitu UUD 145, Pancasila, NKRI, Bineka tunggal Ika. Keempat hal tersebut dikenal dengan empat pilar kebangsaan. Dialog ini menghadirkan Brigjen TNI (Purn) A.R Wetik sebagai pembicara. Dalam dialognya ia menyampaikan nilainilai kebangsaan dalam Pancasila.

Acara ini merupakan agenda rutin tetapi dengan pendekatan yang berbeda. Sudaryono, salah satu narasumber dari LEMHANNAS RI menganggap bahwa takhanya orangorang militer dan PNS yang perlu rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air. Mahasiswa pun perlu memupuk kecintaan terhadap bangsa dan negaranya. Hal ini dikarenakan empat atau lima tahun mendatang, mereka akan memimpin bangsa. Untuk itu, LEMHANNAS RI berkomitmen untuk terus mengajak mahasiswa untuk tidak kehilangan jati diri bangsa “Kalau mau membuat acara seperti ini kita akan mendukung, dan sebagai bentuk dukungannya kita menyediakan pembicara tanpa dibayar,” tutur Sudaryono. Selain diadakan di Undip, acara ini juga telah diselenggarakan di Universitas Gadjah Mada dan selanjutnya setelah Undip akan diselenggarakan di Universitas Padjajaran. (hya)

Reporter: Husein M. Makhluf
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *