Diseminasi Karya Ilmiah Meriahkan Dies Natalis FEB Undip

FEB Undip (12/3) – Diseminasi karya ilmiah berlangsung di Hall Pertamina Gedung Dekanat Lantai 4 pukul 09.30 WIB. Acara yang merupakan rangkaian Dies Natalis FEB Undip ke-55 ini dibuka oleh dekan FEB Undip, Suharnomo. Bertemakan Doktor Baru FEB Undip lulusan terbaik FEB Undip, acara ini dihadiri oleh  dosen maupun mahasiswa. Diseminiasi dibagi menjadi tiga sesi acara inti, dimana setiap sesi terdapat tiga presentasi yang terdiri atas disertasi untuk program doktor, tesis untuk program magister, dan skripsi untuk program S1 di setiap jurusan FEB Undip.

Sesi pertama dimoderatori oleh Shoimatul Fitria. Mirwan Surya Perdhana dengan disertasi berjudul “Cultural Values & Leadership Style of Manager in Indonesia” menjelaskan agar bisnis paradoks bisa lebih dipahami dengan nilai budaya dan gaya kepemimpinan di Indonesia. Skripsi Septiayu Kusuma Murdiono Putri jurusan Akuntansi yang mengusung tema Pengaruh Keefektifan Laporan Keuangan menjelaskan hal-hal apa saja yang berkaitan dengan keterlambatan penyampaian laporan keuangan. Mastur Mujib Ikhsani dari program Magister IESP menganalisis efisiensi & strategi pengembangan klaster rumput laut di Kabupaten Brebes. Menurutnya, rumput laut ialah sumber daya yang potensial di Kabupaten Brebes, sayangnya sumber daya mentah itu belum menghasilkan output yang maksimal.

Sesi ke dua dimoderatori oleh Karlina. Tampil sebagai pembicara Wisnu Mawardi dengan disertasi berjudul “Membangun Model Profitabilitas Bank melalui Kualitas Kompetensi Fungsional Kredit & Penggunaan Teknologi Informasi Berbasis Pendapatan”. Sementara itu, skripsi “Total Factor Productivity” oleh Dwi Rahmayani dari jurusan IESP menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih produktif dengan capital dan peningkatan kualitas tenaga kerja. Tesis magister manajemen oleh Dyah Edi Hartati berkenaan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi risiko kredit & implikasinya terhadap keunggulan bersaing juga dipersentasikan pada sesi ini.

Sesi ke tiga dimoderatori oleh Wahyu Widodo dengan Ahmad Bukhori sebagai pembicara. Berbekal skripsi berjudul “Analisis Budaya Organisasi menggunakan Organizational Culture Assesment”, ia menganalisis perilaku dan budaya organisasi di PT Bandeng Juwana Semarang. Tesis Magister Akuntansi dari Nur Farida tentang bagaimana investor melakukan kalkulasi serta disertasi I Made Sukresna mengenai “Channels Connectivities between Manufacture and Distribution in Indonesian Manufacturing Context” yang menjelaskan tentang kegiatan manufaktur dan distribusi di Indonesia yang meliputi 4P yaitu Place, Product, Promotion, dan Price juga melengkapi presentasi pada sesi ke tiga.

Nafa, salah peserta dari Jurusan Akuntansi memberikan tanggapan positif terhadap acara ini. “Acaranya seru banyak pengetahuan dan inspiratif,” tutur Nafa. Ia juga berharap semoga tahun depan ada acara seperti Diseminasi lagi dan lebih diperluas. (gt)

Reporter : Ida, Tias

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *