Diskusi Publik Kesmes, Perbaikan Infrastruktur Menuju Suasana Kondusif


FEB Undip (14/9) – Diskusi publik kembali diadakan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip), kali ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Masalah Ekonomi dan Sosial (Kesmes) pada Sabtu (14/9). Diskusi publik yang mengangkat tema “Perbaikan Infrastruktur yang Berkelanjutan dalam Penciptaan Suasana yang Kondusif” ini bertempat di Gedung PKM Lantai 2 FEB Undip. Hadir sebagai pembicara, Dadang Somantri (Kepala Biro Perekonomian Jateng) dan AR HanungTriyono (Kepala Bid. Bina Teknik Bina Marga Jateng). Acara tersebut dimoderatori oleh Nugroho S.B.M., staf pengajar FEB Undip.
Acara diawali dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya lalu dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia dan ketua Kesmes FEB Undip, serta sambutan dari Ganjar Pranowo yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Biro Perekonomian Jateng. Materi pertama disampaikan oleh AR Hanung Triyono yang menjelaskan bagaimana keadaan infrastruktur yang ada saat ini. “Sebagian besar kerusakan infrastruktur jalan diakibatkan oleh kelebihan muatan yang diangkut oleh kendaraan besar serta meningkatnya jumlah  pengendara motor,” jelas Hanung Triyono. Ia juga menjelaskan bagaimana prosedur perbaikan infrastruktur serta kendala-kendala yang terjadi saat proses perbaikan infrastruktur tersebut
Materi kedua diisi oleh Dadang Somantri yang menerangkan rencana pemerintah Jawa Tengah dalam bidang perbaikan infrastruktur. Dalam diskusi publik ini, para pembicara juga menjelaskan mengenai kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang menimbulkan efek domino masyarakat serta mengakibatkan inflasi. Dari pembahasannya, hal ini dapat diantisipasi dengan perbaikan infrastruktur karena secara fungsional infrastruktur dapat mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat dan distribusi aliran produksi barang dan jasa. Diskusi publik pun diakhiri dengan penyerahan plakat kepada pembicara serta pemberian doorprize kepada peserta diskusi. (hya)
Reporter: Amel, Rio
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *