Ecofins Kenalkan Seluk Beluk Bank Syariah

FEB Undip (5/12) ­­– Bertempat di Hall Gedung C lt. 4 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip, Economic Financial Study Club (Ecofinsc) menyelenggarakan seminar bertajuk Banking Education Lecturing Series : Comparing Conventional Bank and Syaria Bank yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Acara yang dihadiri lebih dari 130 peserta ini merupakan sarana pendidikan dasar yang juga bagian dari rangkaian open recruitment anggota baru Ecofins.

Seminar ini dibuka secara resmi oleh Edy Yusuf selaku Pembantu Dekan III dan Muhammad Fahmi Priyatna sebagai ketua Ecofins. Hadir sebagai pembicara Syamsul Aidi Bachtiar, kepala advisor syariah Bank CIMB Niaga, yang menerangkan segala perbedaan antara bank konvensional dan bank syariah. Lebih jelas lagi, ia menjelaskan bahwa bank syariah adalah bank yang bebas dari segala bentuk aktivitas yang dilarang oleh syariah serta kelebihan bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional. Dia juga menyebutkan bahwa terdapat empat hal yang dilarang dalam bank syariah, yaitu Riba, Maisir (gambling), gharar, dan memproduksi serta memperdagangkan barang-barang yang diharam Islam. “Bank syariah tidak pernah menghadapi negative spread, kalau bank konvensional berbunga jadi masih bias terjadi negative spread,” jelas Syamsul.

Meskipun ketua panitia sudah menganggap bahwa seminar ini sukses, namun masih terdapat beberapa kendala dalam proses penyelenggaraannya, seperti mundurnya jadwal seminar yang awalnya direncanakan tanggal 25 November. Hal ini dikarenakan pembicara tiba-tiba harus menghadiri acara pembukaan bank syariah di Indonesia Timur. Acara ditutup dengan penyampaian tips dari Maria Rosalina, HRD CIMB Niaga, tentang bagaimana cara membuat Curiculum Vitae (CV) yang baik dan bagaimana cara berpakaian yang baik saat akan menyampaikan lamaran kerja dan wawancara. (gt)

Reporter : Dilla Zhafarina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *