ECOFINSC Kupas Risiko Kredit Lewat Seminar Banking Education Lecturing Series

4242556533582

(FEB Undip) 29/4 – Economic Finance Study Club (Ecofinsc) kembali mengadakan seminar Banking Education Lecturing Series (BELS) yang akan diselenggarakan dalam empat seri. Pada seri pertama, tema yang diangkat adalah Credit Risk dengan menghadirkan Kuslan selaku Credit Modeling Head CIMB Niaga. Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, acara dimulai pukul 08.30.

Kuslan menjelaskan mengenai proses kredit, life cycle kredit, alat penilaian risiko kredit, prinsip kredit, dan analisis kredit. Dalam analisis kredit, Kuslan menjelaskan adanya  5C yakni capacity, capital, condition, collateral, dan character. Kuslan juga memberikan tips untuk menghadapi risiko kredit dengan mitigasi risiko. “Risiko memang tidak bisa selalu dihilangkan, maka yang dapat dilakukan dengan mitigasi risiko kredit yaitu menghindari, mengurangi, mentransfer, atau menerima risiko tersebut,” jelas Kuslan.

Seminar ini juga diisi dengan pengenalan produk baru CIMB Niaga untuk mahasiswa. Sesi inilah yang membedakan seminar BELS kali ini dengan tahun sebelumnya. Produk pertama adalah fitur On Account Powered by XL, yang mana jika mahasiswa menabung maka akan mendapatkan kuota internet. Produk selanjutnya adalah kemudahan transaksi sehari-hari melalui ponsel yang disediakan oleh CIMB Niaga.

Menurut Sebastian sebagai ketua acara, tema pada seminar kali ini akan berbeda dengan BELS seri berikutnya, namun saling bersinergi. Seminar BELS ini mendapat apresiasi positif dari peserta seminar. “Untuk selanjutnya, mungkin mengangkat tema lain tentang keuangan, atau manajemen risiko ada lagi biar bisa belajar lagi,” tutur Abdi Wijaya selaku peserta. Acara ditutup dengan penyerahan  kenang-kenangan berupa buku dari pembicara untuk peserta yang mengajukan pertanyaan.

Reporter : Dian Priastiwi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *