ECOFORCE : Lestari Bumi Memberi Aksi

DSC_0507

FEB Undip (28/5) – Bertempat di Dome Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Tembalang, Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Ekonomi (FEPALA)menyelenggarakan kegiatan ECOFORCE yang mengusung tema “Lestari Bumi Memberi Aksi”. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Undip,  siswa-siswa pecinta alam dari SMK 2 Kendal dan SMA 2 Semarang. Tujuan diselenggarakannya ECOFORCE ini adalah ajang mengajak para masyarakat untuk lebih giat dalam melestarikan bumi Indonesia, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup go-green.

Rangkaian acara  ECOFORCE ini diawali dengan ECORUN, yaitu acara lari sehat mengelilingi 7 pos yang tersebar di FEB, Fakultas Kedokteran, Teknik  Geologi, Teknik Industri, Fakultas Hukum, Student Center, dan PKM Fakultas Pertanian dan Peternakan. Kemudian dilanjutkan dengan aksi tanam pohon di sekitar kampus FEB.  Total ada 275 bibit pohon yang disediakan panitia. Sebanyak 250 bibit didapat dari hibah BLH  dan 25 bibit dari Yayasan Obor Tani Semarang. Tidak semua bibit pohon akan ditanam di lingkungan FEB, tetapi juga akan didistribusikan ke Fakultas-fakultas lain. Setelah itu peserta diizinkan istirahat dan makan siang, lalu disambung dengan sharing-sharing dan pembagian doorprize bagi peserta yang beruntung.

Panitia sendiri menargetkan peserta sebanyak 70 orang, namun hingga acara dilangsungkan yang sudah konfirmasi hanya sebanyak 50 orang peserta. Kendati demikian antusiasme para peserta terhadap rangkaian kegiatan ECOFORCE ini terbilang tinggi. Hal tersebut tercermin dari kekompakan dalam melewati beberapa pos yang ada dan saling bahu-membahu saat proses penanaman pohon berlangsung.

ECOFORCE ini hanya baru dilaksanakan di FEB. Apabila acara ini sukses, ke depannya bukan tidak mungkin juga akan terselenggara di fakultas-fakultas lain.  Besar harapan panitia penyelenggara untuk membantu membentuk karakter-karakter yang peduli terhadap lingkungan. “Harapan saya setelah terselenggaranya acara ini, yaitu menumbuhkan kesadaran para mahasiswa akan pentingnya go-green, dan hal tersebut tercermin dalam aksi-aksi seperti membuang sampah pada tempatnya dan upaya lain yang senada dengan itu” Ujar Ciat, Ketua Acara ECOFORCE 2016.

 

Reporter : Intan Permatasari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *