Edukasi Kesiapan Lulusan Sarjana dalam Dunia kerja

Undip (20/11) — Bekerja sama dengan bagian kesejahteraan mahasiswa Universitas Diponegoro, Kompas Gramedia menyelenggarakan seminar “Talent for Future Leader” yang bertujuan memberi edukasi mengenai persiapan lulusan sarjana dalam menghadapi dunia kerja. Seminar yang dilaksanakan di ruang sosialisasi SNMPTN Gd. Widya Puraya lantai dua ini dihadiri oleh semua mahasiswa yang masih aktif ataupun yang sudah lulus dan memperoleh gelar sarjana. Beberapa manajer Kompas Gramedia, seperti Didiek Dwinarmiyadi, Sigit Harnadi, dan Ayu Kartika dihadirkan dalam acara yang bertajuk “Kompas Gramedia Goes to Campus” ini.

Acara dimulai dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Pujiwati selaku perwakilan Pembantu Rektor III. Pujiwati berharap agar mahasiswa lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Selanjutnya, penyampaian materi yang pertama yang disampaikan oleh Didiek. Ia membahas tentang kesiapan lulusan sarjana untuk menghadapi Asean Economic Community (AEC). Lulusan sarjana Indonesia diharapkan memiliki faktor pembeda dengan yang lain sehingga mampu bersaing dengan sarjana-sarjana luar negeri.

Materi kedua disampaikan oleh Sigit Harnadi yang membahas tentang kinerja Kompas Gramedia. Sigit menerangkan bahwa Kompas Gramedia memiliki prinsip dasar yang disingkat dengan 5C. Definisi dari 5C yaitu Caring (pedulli terhadap sesama), Credible (memiliki integritas, loyalitas, dan sadar organisasi), Competent (terampil, profesional, produktif, bekerja keras, dan bekerja tuntas), Competitive (menjadi yang terbaik), dan Customer (berorientasi pelanggan).

Sementara itu, materi terakhir ialah tentang persiapan mendapatkan karir yang baik yang disampaikan oleh Ayu Kartika. Ia mengatakan bahwa seseorang yang baru lulus dari sarjana dituntut untuk mengenali keahlian maupun kemampuannya untuk bekerja pada bidang tertentu. Dalam melakukan interview seorang pelamar pekerja juga membutuhkan kejujuran, kedisiplinan, ketepatan waktu, serta cara berpakaian yang baik dan sopan. Terakhir, seminar ditutup dengan open recruitment yang diadakan oleh Kompas Gramedia. (gt)

Reporter: Nur Wahidin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *