Evolution 2018: The Start of New Journey!

FEB Undip (27/4) – HMD IESP FEB Undip telah usai menggelar serangkaian acara Evolution 2018. Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk saling mempererat dan mengenal satu sama lain dari angkatan 2014 hingga 2017 melalui lomba-lomba akademik maupun non-akademik. Adapun kegiatan yang diperlombakan adalah voli, bulu tangjkis, basket, futsal, estafet, debat, dan ranking 1. Acara tersebut ditutup dengan digelarnya Evonite yang diwarnai oleh penampilan pentas seni dari setiap angkatan dan juga pembagian hadiah kepada masing-masing juara.

Muhammad Imteaz selaku Ketua Panitia memaparkan bahwa adanya acara ini dilatarbelakangi karena kurangnya hubungan antarangkatan.  “Sejujurnya di Undip sendiri itu hubungan antarangkatan masih kurang ya kan? Dengan adanya kegiatan ini kita bisa lebih mengenal antarangkatan gitu sih”. Pada kegiatan evolution tahun ini dengan tahun sebelumnya terdapat perbedaan tetapi tidak terlalu signifikan.

Pada penyelenggaraan Evolution tahun ini, HMD IESP mengangkat tema bernuansa beach, dan menggunakan slogan “The Start of New Journey”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Evolution tahun ini menambah satu kegiatan baru untuk diperlombakan yaitu basket. Imteaz pun menilai antusias mahasiswa IESP meningkat ketimbang tahun sebelumnya.

Setelah penampilan masing-masing angkatan selesai, acara ditutup dengan pemberian hadiah bagi para juara pada tiap perlombaan Evolution. Angkatan 2014 meraih gelar Juara I pada lomba debat, basket putra, futsal putri, bulu tangkis tunggal putra dan ganda putra. Lalu, angkatan 2015 mampu meraih predikat Juara I dan II dalam perlombaan futsal putra. Angkatan 2016 berhasil menjadi Juara I dalam ajang perlombaan bulu tangkis ganda campuran, lomba estafet, dan ranking 1, serta mampu menjadi Juara II dalam cabang olahraga basket putra maupun putri. Dengan hasil tersebut, angkatan 2016 keluar sebagai Best Participant dalam gelaran Evolution 2018. Sedangkan, angkatan 2017 berhasil menjadi Juara I dalam cabang perlombaan voli dan basket putri.

Brenda Sinaga, mahasiswa IESP angkatan 2017, berbagi pendapatnya mengenai acara tersebut. Menurutnya, keberjalanan acara ini memberikan pengaruh yang cukup baik karena bisa lebih mengenal antara satu sama lain. “Acaranya berjalan dengan baik, seru, output-nya juga bagus kita jadi kenal temen-temen angkatan kita dan kakak – kakak kelas mulai dari 2014 sampai 2016”. Ia berharap agar publikasi perihal acara tersebut bisa lebih luas ke depannya, agar peserta yang terjaring juga bertambah banyak. “Tapi overall acaranya seru banget kok, semoga tahun depan banyak yang dateng,” tutup Brenda.

Imteaz mengutarakan bahwa kurangnya sumber daya manusia dari sisi kepanitiaan menjadi kendala dalam keberlangsungan Evolution 2018. Walaupun sudah dilakukan persiapan yang matang dengan membuka open recuitment tetapi sumber daya manusia yang didadapatkan masih tetap kurang. Imteaz juga menyayangkan minimnya partisipasi angkatan untuk menghadiri acara penutupan. “Mungkin karena partisipasinya asiknya keluar malam makanya ramainya di malam hari sih, molor tapi nggak molor banget kok dan itu sesuai schedule juga”. Ia berharap agar adanya Evolution bisa memerikan dampak positif dengan saling kenalnya antarangkatan yang ada di IESP.

Reporter: Alifa Hasnanda, Annisa Jasmine.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *