Excellent with Ms.Excel

Peserta pelatihan pengolahan data statistik (doc. Edents)
FEB Undip (28/9) Bertempat di gedung PKM lantai 2 FEB Undip, diadakan Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan tema “Excellent with Ms.Excel”. Pelatihan dijadwalkan selama dua hari, yaitu tanggal 27 dan 28 September. Amalia Nur Chasanah (peneliti AKA, Praktisi Analisis Keuangan, dan Dosen Udinus) dan Bagus Ardi Saputra (peneliti LP2 MPDUI) hadir sebagai pengisi materi. Pelatihan yang diikuti oleh 71 mahasiswa dari S-1 dan D-3 FEB Undip ini, dibuka secara simbolis oleh Darwanto, staf ahli PD III FEB Undip.“Dibalik kesederhanaan, Exceltenyata menyimpanbanyak fungsi,”tutur Darwanto saat membuka acara.

Sesi pertama pelatihan, Amalia menyampaikan materi statistika dengan program Ms.Excel dan analisis statistik dengan insert function. Materi yang diajarkan diantaranya adalah mencari rata-rata hitung, median, dan modus, menghitung kuartil dan persentil, menghitung range, standar deviasi, mencari angka index, serta mencari nilai A dan B pada persamaan Y’=A+BX dengan metode leastsquare.

Sedang Ardi Saputra, pada sesi kedua menyampaikan materi tentang komputasi matematika keuangan. Materi tersebut membahas tentang future value, financial function, payment, present value, rate, serta NPER. Seluruh peserta diajarkan melalui praktik langsung pada aplikasi Ms.Excel.

Menurut Intan, salah satu peserta pelatihan, banyak manfaat yang diperoleh dari pelatihan ini. “Walaupun excel sudah umum tetapi pengetahuan akan Ms.Excel masih banyak yg belum kita ketahui,selain itu kita juga dapat mengetahui pengoperasian excel secara lebih lanjut,”ujar Intan. Acara hari ini diakhiri pukul 14:30 wib dan akan berlanjut esok (29/9) pukul 08:30 wib di tempat yang sama. (hya)

Reporter: Puspa Tyas
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *