Expanding Your Global Capacities Melalui OPD (Open Public Discussion)

1478695215683

FEB Undip (9/11) – Economic English Coversation Club (EECC) kembali melaksanakan diskusi umum bertempat di Dome FEB. Diskusi umum ini menghadirkan dua pembicara yakni Alan Ray Farandy sebagai Mahasiswa Berprestasi 2 FEB Undip tahun 2015 dan Ratna Hartiningtyas selaku Presenter Seminar of Business and Interdisciplinary Research : Blue Economy Hong Kong.

Acara merupakan agenda tahunan dari EECC dan untuk tahun ini mengusung  tema “Expanding Your Global Capacities” . Diharapkan agar peserta yang datang dapat sharing mengenai pengalaman sehingga dapat termotivasi untuk memaksimalkan potensi diri agar dapat berprestasi di kancah nasional dan internasional.

Materi pertama disampaikan oleh Alan Ray Farandy mengenai tantangan untuk menulis. Alan menuturkan tantangan terbesar adalah  adaptasi dan rasa malas yang ada pada diri kita sendiri, maka dari itu kita harus memiliki target yang ingin dicapai. “Kita harus melakukan sesuatu yang terbaik sesuai dengan passion kita sendiri,” ujar Alan.

Memasuki materi kedua disampaikan oleh Ratna Hartiningtyas. Ia berbagi pengalaman ketika berada di Korea dan tips-tips dalam mencari informasi untuk pertukaran pelajar ke luar negeri. “Bahasa Inggris itu penting. Pertama sebagai alat komunikasi, kedua untuk harga diri, dan ketiga untuk sebuah profesi,” ungkapnya. Setelah itu dilanjutkan sesi tanya jawab dari peserta dan pemberian plakat untuk para pembicara.

 Khoirun Nisa, salah satu mahasiswa FEB mengatakan bahwa acara ini sangat menginspirasi dan tidak boleh dilewatkan. “Diskusi ini sangat bagus untuk membuka wawasan dan pola pikir kita sebagai wadah inspirasi dan pandangan baru,” terang Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan 2016 ini.

Selain hujan, kurangnya peserta juga menjadi kendala, ditambah koordinasi antarpanitia bagian perlengkapan juga tidak berjalan dengan baik sehingga hanya dengan persiapan seadanya.“Itu merupakan hal-hal kecil yang akan berpengaruh terhadap acara ini. Mereka juga perlu menambah media lain dengan menggunakan slide untuk menyampaikan materi sehingga peserta akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan,” ujar Tinania Manik Mahasiswa S1-Akuntansi15 ini.

Diakhir penutupan acara, Alan Ray Farandy mengatakan bahwa hal terpenting itu ialah sekolah, membaca Alquran, dan berkelana. “Dari berkelana inilah kita dapat menemukan berbagai wawasan baru, berkenalan dengan banyak orang, dan mengetahui passion kita” ujarnya.

 

Reporter : Mahardika, Mariani

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *