Explosion 2018: Design Your Future, Discover Your Passion!

Undip (1/9) – Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) tahun ini kembali menggelar Seminar Nasional dan Talkshow Explosion. Acara ini bertempat di Gedung Prof. Soedarto Undip. Sesuai dengan namanya, “Explosion” yang memiliki arti explore your passion, bertujuan untuk memberikan motivasi serta tips and trick kepada peserta untuk menemukan passionnya. Menurut Aprian Tri Fajar, Ketua Panitia Explosion 2018, latar belakang diadakannya acara Explosion yaitu untuk mewadahi keresahan di kalangan mahasiswa yang merasa belum menemukan passionnya. “Latar belakang diadakan acara ini sebenarnya kita melihat keresahan mahasiswa, dimana mahasiswa ini sering meresa resah, kadang belum tahu dia itu mau kemana. Sering kita lihat banyak mahasiswa yang merasa salah jurusan atau merasa tidak punya passion di suatu kegiatan. Ini juga merupakan sebuah keresahan bagi mahasiswa yang punya passion, tapi dia tidak punya rasa percaya diri. Oleh karena itu kita buat seminar tentang passion, supaya nanti orang-orang dapat mencari passion-nya. Orang-orang yang sudah punya passion bisa mengembangkan passion-nya,” ungkap Aprian.

Explosion 2018 ini mengangkat tema Design Your Future, Discover Your Passion”, serta mendatangkan pembicara-pembicara muda berbakat yang sudah mendalami passionnya masing-masing. Pembicara pertama yaitu Nadia Soekarno. Ia merupakan seorang aktris, presenter, serta jurnalis. Saat ini ia bekerja sebagai reporter dan pembawa acara berita di NET TV. Nadia mengaku dulu ia mengikuti banyak kegiatan, dan merasa memiliki passion di banyak hal. Sehingga ia bingung hal apa yg sebenarnya merupakan passion-nya. Namun, kini ia fokus di bidang jurnalistik yang ia rasa merupakan passion yang ingin ia geluti. Menurut Nadia, passion merupakan sesuatu yang kita lakukan tanpa pamrih. Pembicara kedua yaitu Dimas Danang. Pria yang kerap disapa Danang ini, mengaku bahwa profesi yang kini ia geluti merupakan salah satu bentuk perwujudan dari passion yang ia miliki.

Pembicara selanjutnya yaitu Pandji Pragiwaksono. Pandji yang memiliki passion untuk menghibur orang, mengaku menemukan passion-nya saat kedua orang tuanya bercerai. Menurut Pandji, menemukan passion tidak harus dari muda, yang terpenting adalah percaya diri, percaya mimpi, dan percaya proses. Pembicara terakhir acara Explosion 2018 yaitu Skinny Indonesian24, kakak beradik yang merupakan YouTuber terkenal, Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez. Mereka mengaku membuat video-video di kanal YouTube yang mereka miliki bukanlah dilatarbelakangi karena materi, melainkan memang karena passion mereka. Andovi bercerita bahwa dirinya lebih dulu terjun ke dunia YouTube ketimbang kakanya. Kemudian Jovial bercerita mengenai alasannya mengikuti jejak sang adik masuk ke dunia YouTube. “Sebelum masuk UI, gue masuk Institut Kesenian Jakarta (IKJ) mengambil teater. Setelah masuk UI, passion dalam dunia video berkurang karena gue harus belajar fisika nuklir setiap harinya, tapi setelah Andovi datang dan memperlihatkan channel YouTube-nya, di situlah gue memutuskan untuk bergabung,” tukas Jovial.

Banyak peserta yang sangat antusias mengikuti acara Explosion 2018, salah satunya Arifiandhita Salsabila, mahasiswi Akuntansi Undip angkatan 2016. Ia mengaku ikut acara Explosion 2018 karena tertarik dengan para pembicaranya. “Jadi pas pertama bintang tamunya Pandji, udah terlanjur beli yang regular kan, terus begitu SkynniIndonesian24 pengen ubah jadi VIP tapi katanya gak bisa, nah akhirnya tetep reguler, ke sini. Dan untuk ngebales enggak bisanya dapet VIP itu aku nyiapin pertanyaan dari kemarin. Terus begitu hari H-nya aku tanyain, terus malah kepilih jadi penanya terbaik”. Fia berpendapat bahwa acara Explosion 2018 secara keseluruhan sudah baik, hanya saja waktu mulai acaranya sedikit terlambat dari yang seharusnya. “Kalau acaranya keseluruhan baik, tapi mungkin pas di awal-awal agak terlambat ya, habis itu bisa ditingkatin biar gak terlambat,” tutupnya.

Reporter: Diana

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *