Faisal Basri Beri Kuliah Jurusan IESP Undip

(doc. Edents)


FEB Undip (2/9) –Kuliah umum jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) yang bertemakan “Kondisi Perekonomian Indonesia Saat Ini” diselenggarakan Senin (2/9).  Acara yangbertempat di Hall gedung C lantai 4 FEB Undip ini terselenggara berkat kerjasama jurusan IESP dengan LPM Edents.
Kuliah yang dimulai pukul 10.00 wib tersebut dibuka oleh Edy Yusuf Agung Gunanto, Pembantu Dekan III FEB Undip. Acara yang berdurasi dua jam tersebut dihadiri sivitas akademika FEB Undip. Hadir sebagai dosen ialah Faisal Basri Batubara, Ekonom dari UI.
Dalam kuliah yang dimoderatori oleh Edy Yusuf ini, Faisal Basri memaparkan“Perekonomian Indonesia: Meniti Gejolak Jangka Pendek Menuju Percepatan Jangka Panjang”. Faisal menjelaskan bahwa sektor jasa di Indonesia merupakan motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Namun pada sektor tradableseperti pertanian, pertambangan berada di bawah pertumbuhan sektor jasa. Dengan demikian, kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia dipertanyakan. Dalam mengatasi perekonomian yang semacam ini,menurutnya alangkah lebih baik jika membenahi jantung perekonomian. Hal ini dapat ditempuh dengan jalan utang negara sebagai modal untuk kesejahteraan, bukan untuk subsidi. Usai pemaparan materi, moderator mempersilahkan audience untuk mengajukan pertanyaan. 
Acara ditutup dengan simpulan dari moderator, bahwa di Indonesia masih banyak terjadi pemborosan, pertumbuhan ekonomi lebih cenderung pada sektor jasa dan pengeluaran negara tercepat dari sisi konsumsi. Pada utang negara itu seharusnya untuk infrastruktur negara bukan untuk yang lainnya. Kemudian, dilakukan penyerahan kenang-kenangan kepada Faisal Basri pukul 12.00 wib. (hya)
Reporter: Amirani H. Putri
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *