FEB Undip: Awali Tahun dengan Prestasi

Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) mengawali tahun 2013 dengan mengukir prestasi di kancah nasional melalui 7th Cooperative Fair (COFA). Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Economic Student Cooperative Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (ESCO FE UI), delegasi FEB Undip digawangi oleh Fahmi Priyatna, Faiq Fuadi, dan Afief El Ashfahany.
Setelah melewati proses penjurian, paper yang berjudul Integrasi Hierarki Politik Koperasi Pertanian Guna Meningkatkan Akuntabilitas Koperasi dan Mencegah Krisis Pangan di Indonesia, Fahmi dkk dinyatakan lolos menjadi finalis. “Tekad awalnya waktu buat paperyang penting jadi dulu, nanti kalau jadi finalis ke Jakarta, menang kalah urusan belakang,” tutur Fahmi mengawali ceritanya. Setelah lolos 10 besar, tiga mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) FEB Undip ini berangkat ke Depok dengan misi kemenangan.
(kiri – kanan) Afief, Fahmi, dan Faiq – Sumber: Internet

Pada 12-13 Februari 2013, Fahmi dkk bersama 8 tim dari perguruan tinggi lainnya -karena 1 tim dari UGM mengundurkan diri- unjuk gigi di depan juri. Sebelum mempresentasikan paper-nya, Fahmi dkk dihadapkan dengan sesi Case Study Round. “Kita diberi waktu 45 menit untuk memecahkan masalah sekaligus presentasinya,” jelas Fahmi. Setelah sesi Case Study Round selesai, kesembilan finalis memasuki sesi presentasi. Dalam presentasi yang berdurasi 15 menit, Fahmi dkk memiliki strategi tersendiri, “Kita ingin berbeda, unik, dan presentasi kita tidak bisa dilupakan.” Karena menurutnya semua paper punya peluang yang sama untuk menang.

Meski awalnya hanya coba-coba, akhirnya delegasi Undip yang diketuai oleh Fahmi dinyatakan menang sebagai juara 2. Delegasi dari tuan rumah memperoleh juara 1, sedang posisi ketiga disabet oleh Universitas Brawijaya. Fahmi mengaku bangga dapat menjadi juara dalam 7th COFA ini. “Menginjak Universitas Indonesia sendiri menurut saya suatu kebanggaan, apalagi kita ternyata dapat bersuara dan mendapatkan juara.” Selain itu, melalui ajang ini mereka pun mendapat teman dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia serta dapat membangun networking. (hya)
Reporter: Afrina, Nurul
Artikel ini dimuat dalam Koran Edents (Kordents) Vol. 1 – Edisi Maret 2013
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *