First GMT, Ajang Perkenalan Diri Seorang Muslimah

FEB Undip (14/5) – Bertempat di Gedung B Ruang 3.4 FEB Undip Tembalang, Mizan FEB Undip kembali mengadakan First Great Muslimah Training (GMT). First GMT merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan konsep kemuslimahan kepada perempuan khususnya mahasiswi. Menghadirkan dua orang pembicara yaitu Ratih Khoirunnisa dan Dyah Ika Rinawati, acara ini berhasil memperoleh antusias 90 orang peserta.

Love Your Self Girls, menjadi materi pembuka dalam acara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini. Materi yang dibawakan oleh Ratih Khoirunnisa ini menjelaskan tentang bagaimana mencintai diri sebagai muslimah dengan tiga fokus, yaitu fokus kepada Allah, diri sendiri, dan orang lain. “Fokus untuk menjalankan kewajiban kita kepada Allah SWT, bersikap sebagai muslimah dengan menjaga hijab, serta menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain, merupakan tiga fokus untuk mencintai diri sebagai seorang muslimah,” ungkap Ratih. Selain itu, Delegasi Universitas Diponegoro dalam paper competition di Istanbul Turki pada tahun 2014 ini, juga menjelaskan tentang bagaimana mengembangkan potensi sebagai seorang muslimah. “Manusia, khususnya muslimah juga harus mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Bagaimanapun, manusia diciptakan Allah sebagai khalifah di muka bumi,” ujarnya.

Berikutnya, materi kedua disampaikan oleh Dyah Ika Rinawati selaku Dosen Teknik Industri Undip. Dyah menjelaskan tentang  peran perempuan dalam Islam. Menurutnya, muslimah memiliki berbagai peran, baik sebagai ibu, istri, maupun anak. Ia juga menjelaskan bagaimana menjadi muslimah yang menentramkan, bermanfaat untuk orang lain, serta bagaimana mendapatkan pasangan yang baik.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, GMT kali ini juga mempersembahkan latihan memanah untuk para muslimah yang hadir. Mei Dhita selaku Ketua First GMT menjelaskan bahwa latihan memanah ini bertujuan untuk mengajarkan kepada para muslimah bagaimana cara memanah yang benar. Latihan memanah yang diselenggarakan di Dome FEB Undip ini juga menjadi penutup dalam acara First GMT.

Reporter : Dewi Hastuti

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *