Forum Terbuka BEM FEB Bahas UKT dan SPI

20160522160110

FEB Undip – (18/05) Mahasiswa dari berbagai jurusan dan organisasi mahasiwa (Ormawa) di Fakultas Ekonomika dan Bisnis, tampak memadati Dome FEB Undip. Mereka adalah peserta forum terbuka yang difasilitasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB. Forum yang terbuka untuk seluruh mahasiswa FEB ini merupakan forum konsolidasi ketiga. Forum ini adalah lanjutan dari konsolidasi kedua yang membahas aliansi mahasiswa di Undip. Tidak seperti forum konsolidasi kedua yang hanya mengundang ketua ormawa, Forum ketiga ini terbuka untuk seluruh elemen mahasiswa

Dalam forum yang dimulai pukul 18.00 ini dibahas berbagai masalah di FEB saat ini.Salah satu fokus masalah yang dibahas dalam forum ini adalah kebijakan pengadaan Sumbangan Peembangunan Institusi (SPI) untuk mahasiswa baru FEB jalur Ujian Mandiri (UM Undip) yang dirasakan terlalu tinggi.  Isu kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kebi juga dibahas dalam forum diskusi ini. Kebijakan SPI dan kenaikan UKT ini sendiri dilakukan dengan berbagai alasan, diantaranya anggaran Undip yang mengalami defisit pada tahun 2015, perlunya pembaharuan fasilitas di Undip, dan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) Undip dituntut masuk dalam rangking 500 dunia. Dengan berbagai alasan tersebut, sebagian besar mahasiswa FEB yang hadir dalam forum setuju dengan kebijakan ini tetapi dengan berbagai syarat tertentu.

Selain masalah UKT dan SPI, dalam forum ini juga dibahas masalah ketimpangan fasilitas antara mahasiswa Program Sarjana (S1) dan Program Diploma (D3) di FEB. Turut pula dibahas berbagai masalah yang dikeluhkan oleh mahasiswa. Masalah-masalah tersebut ditampung kemudian di musyawarahkan bersama untuk dicarikan solusi terbaik. Walaupun situasi sempat memanas akibat kehadiran pihak Aliansi Mahasiswa, tetapi forum tetap berjalan dengan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan penyelesaian yang telah disetujui bersama.

Reporter : Susi Susanti

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *