Ghalih, Pemimpin Baru HMJM

Suasana penghitungan suara pemilihan ketua HMJM
FEB Undip (27/11) Rabu (27/11) merupakan puncaksuksesi yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) FEB Undip. Bertempat di dua lokasi yakni gedung A lantai 2 dan gedung C lantai 1 diadakan pemilihan dan penentuan ketua HMJM periode 2013/2014. Jumlah pemilih yang terdaftar ialah seluruh mahasiswa jurusan Manajemen, berjumlah sekitar 1155 orang.

Sempat terjadi asimetris informasi dalam pemilihanyang dimulaipukul 09.00 WIB ini. Pasalnya pencoblosan dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS) yang berlokasi sama dengan HMJ IESP, yakni gedung C lantai 1. Hal ini kemudian diatasi dengan solusi kedua himpunan jurusan ini menggunakan gedung C lantai 1 sebagai TPS secara bersama-sama (bersebelahan –red).

Sistem yang digunakan dalam pemilihan kali ini adalah sistem Google Docs. Inti darisistem tersebut ialahpeserta hanya memiliki satusuara dalam pencoblosan. “Sistem tersebut diyakiniakan menekanangka kecurangan danpemilih dengan suara ganda,” ujar Taufani Tri Putra, ketua suksesi HMJM.

Proses pencoblosan berlangsunghingga pukul 16.00 WIB dan dilanjutkan denganpenghitungan suara sekaligus penentuanketua HMJM terpilih. Setelahpenghitungan suara selesai, barulah terlihatbagaimana antusiasme mahasiswa Manajemen dalam mengikuti pemilihan ketua HMJM. Tampak bahwa dari 1155 pemilih yang terdaftar, hanya 641 pemilih yang menggunakanhak suaranya atau 44,5 persen mahasiswa yang tidak turut berpartisipasi.

“Siapapun yang terpilih nantinya diharapkan dapat membawa aspirasimahasiswa jurusan Manajemen,” harap Aditya Jati, salah seorang pemilih. Hal senada juga disampaikan oleh Fernando yang berharap ketua HMJM yang baru harus dapat mewujudkan visi dan misi yang telah dicanangkan.

Hasil akhir perhitungan suara, menetapkan Ghalih R. Viratama sebagai ketua HMJM periode 2013/2014 dengan perolehan suara sebesar 325. Sementara Aditya Dharmawan memperoleh suara sebanyak 214, sedangkan suara tidak sah sebanyak 9 suara. (nq)

Reporter: Aditya, Saula, Dicha
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *