Grand Opening PKTI FEB Goes to PIMNAS

FEB Undip (15/6) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB Undip bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Akuntansi adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah. Bertemakan “Goes to Pimnas”, acara tersebut diselenggarakan Sabtu, 15 Juni 2013 di ruang EA 1.02 FEB Undip. Acara dimulai pukul 09.00 wib dan dibuka secara simbolis oleh Edy Yusuf Agung Gunanto selaku Pembantu Dekan III FEB Undip. Dalam pelatihan tersebut dihadirkan dua pembicara, yaitu Rizal Hari Magnadi dan Surya Rahardja dengan dimoderatori Hendy Aprilian Hidayat,mahasiswa jurusan IESP angkatan 2010.
Rizal memaparkan bahwa ada beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Undip, salah satunya mahasiswa yang kurang percaya diri. Menurutnya, mahasiswa kurang percaya diri saat akan menyampaikan idenya. “Saat idemu disampaikan, maka Anda akan mendapatkan feedbackyaitu idemu akan disempurnakan,” ujarnya. Permasalahan lain yaitu mahasiswa yang kurang kritis. Menurut Rizal, ilmu itu dimulai dari berfikir kritis, maka mahasiswa harus bisa menyampaikan ide kritisnya.
Berbeda dengan Rizal, Surya memaparkan mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menurutnya, PKM ialah kombinasi daricerdas dan kreatif. Pertama, cerdas merupakan kemampuan yang terkait cara berpikir konvergen. Sedangkan, menjadi kreatif berarti melihat sesuatu seperti orang lain tetapi memikirkannya dengan cara berbeda. Surya menjelaskan bahwa PKM merupakan kegiatan yang cerdas dan kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. “PKM itu membuat Anda mempunyai value dan PKM itu tentang status kita sebagai lembaga universitas,” jelas Surya soal manfaat PKM.
Setelah sesi tanya jawab, para peserta di-briefing untuk penyusunan karya tulis. Kemudian acara ditutup tepat pukul 12.00 wib.Harapan dari acara ini yaitu untuk menumbuhkan minat dan pengetahuan bagi para peserta untuk membuat sebuah karya tulis ilmiah. Get the scholarship, cath the Pimnas trophy! (hya)
Reporter: Amirani H. Putri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *