Hal Kecil untuk Mengubah Indonesia


Sumber: Peran Generasi Muda 

Siapa yang tak kenal Indonesia, negara yang merdeka 68 tahun lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 setelah dijajah kurang lebih 350 tahun lamanya. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak potensi sumber daya. Potensi ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Tetapi apa yang terjadi kini? Tidak ada beda Indonesia dulu (sebelum dijajah) dan kini (setelah 68 tahun merdeka). Berbagai permasalahan muncul seperti skandal korupsi, kemiskinan, hingga bencana alam yang seolah tiada hentinya. Kondisi ini merupakan akumulasi dari sejarah bangsa Indonesia, yang erat kaitannya dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah.
Melihat permasalahan yang ada, pastinya masyarakat Indonesia menginginkan perubahan yang lebih baik. Mengubah citra Indonesia sebagai negara yang minim permasalahan dan bermartabat tidaklah mudah. Perlu adanya perjuangan dan semangat dari diri setiap Indonesia baik dari kalangan pemerintah maupun masyarakat biasa. Mulai dari hal kecil seperti menanamkan semangat mengharumkan nama Indonesia di dunia.
Kita tahu sekarang sudah banyak putra putri bangsa yang telah mengukir prestasi dibernagai bidang, misalnya olahraga.  Perjuangan dan semangatlah yang memberikan kemenangan bagi ganda campuran Indonesia (Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad) dalam kejuaraan bulutangkis dunia 2013 di China. Bukan hanya itu, ganda putra (Hendra Setiawan dan Mohamdad Ahsan) pun mendapatkan gelar juara. Kedua gelar itu merupakan sebuah kerja keras dalam rangka mengharumkan nama bangsa dan menjadi hadiah menjelang kemerdekaan Indonesia yang ke68.
Selain itu, banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk mengubah Indonesia. Mulailah dengan hal kecil. Kita sebagai mahasiswa ialah calon penerus bangsa, maka bersikaplah kritis terhadap permasalahan yang ada. Janganlah kita bersikap anarkis dengan melakukan tawuran dan demo besar-besaran terhadap setiap kebijakan baru yang ditetapkan pemerintah. Jika memang kebijakan yang diambil kurang tepat sampaikanlah solusi yang membangun, bukan bertindak anarkis. Jadilah mahasiswa yang berakhlak mulia dan prima prestasi untuk nantinya bisa meneruskan perjuangan: memimpin bangsa yang lebih baik lagi.
Contoh kecil lainnya adalah tanamkan jiwa nasionalisme pada diri kita agar dapat menghargai kebudayaan yang dimiliki Indonesia. Selain itu, lakukanlah tindakan sekecil apapun dengan menerapkan kelima sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk selalu berpegang teguh pada nilai-nilai yang ada dalam pancasila. Jika hal kecil tersebut dilakukan, bukan tidak mungkin Indonesia menjadi negara yang lebih baik. 
Beberapa contoh diatas merupakan suatu sikap positif yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia mengubah bangsanya secara perlahan. Di hari kemerdekaan Indonesia yang ke68 diharapkan ada kesadaran dari masyarakat untuk bersungguh-sungguh mengubah Indonesia menjadi negara yang bermartabat, makmur, dan sejahtera. Tidak lagi muncul permasalahan seperti korupsi, kemiskinan dan lain sebagainya yang membuat Indonesia terpuruk dimata dunia. Lakukanlah sesuatu yang membuat Indonesia menjadi lebih baik, mulailah dari sekarang dan kalau bukan kita lalu siapa lagi?
Linggar Adreasari
Magang 2012
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *