HMEI Jadikan Ekis Mengajar sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat

Semarang (12/5) – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HMEI) kembali melaksanakan program pengabdian masyarakat melalui Ekis Mengajar Vol. 3 pada hari Jumat dan Sabtu, 11-12 Mei 2018. SD IT Ulul Abshor yang terletak di Jl. Karangrejo II No. 25 A Banyumanik, Semarang, menjadi lokasi kegiatan pengabdian tersebut. Ditemui pada akhir acara, Fikrul Islam Faruqi selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan bentuk pengabdian masyarakat dalam skala kecil yaitu dengan mengajar anak-anak sekolah dasar. “Kami sudah survey ke beberapa SD, tapi cukup banyak yang bentrok dengan jadwal ujian sekolah murid kelas 6, lalu saya dapat rekomendasi SD IT Ulul Abshor, setelah kami survey, dari segi jadwal bisa dan ternyata SD ini juga masih memiliki kekurangan tenaga pendidik,” jelas Fikrul mengenai alasan memilih lokasi tersebut.

Ditemui lebih lanjut, Fikrul menjelaskan bahwa acara yang berlangsung selama dua hari ini memiliki kegiatan indoor dan outdoor. Kegiatan yang masih mengusung metode fun learning ini disampaikan memalui pemutaran video sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran dan quiz pada akhir sesi kelas. Adapun bagi siswa yang aktif dan dapat memahami materi pembelajaran dengan baik akan memperolah reward. Selain kegiatan indoor berupa penyampaian materi, kegiatan lanjutan juga dilaksanakan di luar ruang yang bertujuan agar siswa juga aktif di luar kelas. Adapun inovasi yang diberikan agar acara tidak berjalan dengan monoton, kali ini pihak panitia penyelenggarakan mengadakan beebagai permainan tradisional seperti balap karung, lomba makan kerupuk, dan tebak kata.

Acara yang menargetkan siswa kelas 4 dan 5 sekolah dasar ini diikuti oleh partisipan dari mahasiswa program studi Ekonomi Islam Undip angkatan 2016 dan 2017. Kegiatan tahunan yang sudah rutin dilaksanakan sejak tahun 2016 ini senantiasa terus diperbaiki mulai dari persiapan hingga eksekusi acara saat di lapangan. Program kerja departemen Hubungan Masyarakat Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HMEI) ini juga diharapkan dapat semakin mengenalkan program studi Ekonomi Islam kepada masyarakat luas. “Saya pribadi berharap agar Ekis Mengajar dapat memberikan dampak positif kepada para siswa agar semakin giat dalam menuntut ilmu,” tutup Fikri.

Reporter: Cynthia Farah Sakina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *