HMEI Lakukan Pengabdian Masyarakat Lewat Ekis Mengajar

Semarang – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HMEI) kembali melaksanakan program pengabdian masyarakat melalui Ekis Mengajar Vol. 2 pada Jumat dan Sabtu, 27-28 November 2017. SDN Jabungan yang terletak di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang menjadi lokasi kegiatan pengabdian tersebut. “Kami memilih SDN Jabungan karena kami melihat SD ini cukup terpelosok juga terbelakang dan kekurangan dari sisi fasilitas maupun guru pengajarnya,” jelas Mochammad Ardani selaku ketua pelaksana kegiatan Ekis Mengajar. Dapat dilihat juga dari rute menuju lokasi SD tersebut yang berada di pelosok dan jalan cukup curam. Adapun fasilitas sekolah yang apa adanya serta jumlah guru yang hanya sebelas orang menjadi pertimbangan panitia dalam memilih SD ini.

Ditemui lebih lanjut, Ardani mengungkapkan bahwa tujuannya dilaksanakannya kegiatan ini ialah sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat kota Semarang dalam mewujudkan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi. “Kami memiliki niatan untuk mencerdaskan bangsa dengan turut serta andil dalam pengajaran di tingkat sekolah dasar. Meskipun tidak dapat secara langsung menghasilkan SDM berkualitas tinggi, setidaknya kami menginginkan anak-anak itu dapat belajar dengan cara yang berbeda,” sambung Ardani.  Kegiatan yang mengusung metode fun learning ini bertujuan agar acara tidak berjalan dengan monoton. Selain belajar di dalam kelas, kegiatan juga dilaksanakan di luar kelas untuk outbond.

Adapun kendala terbesar yang ditemui berasal dari kesulitan panitia dalam mengondisikan berbagai macam watak dan sifat siswa. Siswa yang berasal dari kelas 4 dan 5 tersebut memiliki tantangan yang berbeda dalam penangannannya. “Karena murid kelas 4 agak susah untuk diatur, dan tentu kami berusaha lebih untuk dapat mengondisikan mereka sesuai agenda yang kita inginkan. Namun justru hal tersebut menjadi tantangan kami sendiri untuk menanganinya, supaya rasa “mengabdi” itu benar-benar terwujud dari kegiatan ini,” jelas Ardani.

Kegiatan untuk meningkatkan kepekaan mahasiswa atas permasalahan pendidikan  ini berorientasi untuk membentuk generasi yang lebih baik di kemudian hari. Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan agar konsep acara dapat dikembangkan lebih baik lagi. Masih banyak sekolah di berbagai tempat yang membutuhkan bantuan untuk mengatasi keterbelakangan sekolah tersebut. “Semoga Ekis Mengajar yang akan datang tetap istiqomah dengan niatan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bentuk mengabdi sepenuh hati kepada masyarakat,” tutup Ardani.

Reporter :   Cynthia Farah Sakina

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *