Ini Sikap BEM Undip Terkait Kesamaan Nama GACU Undip dengan Unila

_Aku_Cinta_UNDIP_2.jpg.small
Gerakan Aku Cinta Undip (industri.undip.ac.id)

Undip (6/3) – Terkait adanya kesamaan penggunaan nama GACU antara Universitas Diponegoro (Undip) dengan Universitas Lampung (Unila),  Ketua Badan Eksekutif  Mahasiswa (BEM) Undip, Fawaz Syaefullah, mengatakan telah menghubungi Presiden Mahasiswa Unila pada Jumat (5/3) kemarin.  Dari hasil percakapannya dengan Presiden Mahasiswa Unila, Fawaz menjelaskan bahwa gerakan tersebut berbeda dengan GACU yang dimiliki Undip, hanya saja sama dalam hal redaksional. Tujuan mereka memakai nama Gerakan Aku Cinta Unila (GACU) adalah supaya mahasiswa bisa bersatu dan menghilangkan sekat – sekat golongan, mengurangi sikap apatisme, serta mendekatkan hubungan antara pihak Rektorat Unila dengan mahasiswa.

Menanggapi pernyataan Presiden Mahasiswa Unila, Fawaz menyayangkan adanya kesamaan nama dan logo GACU Unila dengan GACU Undip. Tetapi, ia tetap menyambut baik tujuan dari Unila membuat GACU. Untuk itu, Fawaz mengajak seluruh civitas Undip agar tetap berpikir positif. “Gerakan kita diakui sampai ke universitas lain. Undip sudah melukis Indonesia,” tutur Fawaz saat dikonfirmasi via aplikasi pesan singkat Line. Atas kejadian ini ia berharap hal itu dapat dijadikan pemacu agar Undip menjadi lebih baik.

Fawaz menegaskan GACU tidak hanya milik Bidang Harmonisasi Kampus BEM Undip saja, tetapi milik semua civitas akademika Undip. “Kami berbesar harap, civitas akademika Undip tidak hanya mendukung, tetapi berpartisipasi aktif sesuai dengan perannya GACU,” tegas Fawaz.

Tanggapan lain juga muncul dari Stefanus Hamonangan Siregar selaku Kepala Divisi Database dan Media Bidang Harmonisasi Kampus BEM Undip 2016 sekaligus Penanggung Jawab GACU. Ia mengapresiasi dan bangga bahwa GACU di Undip yang telah dibuat sejak 2011 bisa menjadi inspirasi bagi BEM Unila dalam membuat gerakan yang sama. Ia dan pihak BEM Undip akan lebih mem-booming-kan GACU kepada mahasiswa di Undip dengan berbagai cara seperti dalam bentuk program – program unggulan. “Harapan saya kepada civitas Undip terhadap GACU agar kita semakin kompak lagi untuk satu tujuan, yaitu membuat bangga nama baik Undip di bidang akademik maupun non-akademik,” tuturnya. Stefanus juga berharap agar GACU di Unila bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya. (nw)

Reporter : Samuel Petra

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *