Job Interview 2017, Bekali Mahasiswa untuk Berkompetisi dalam Berkarir

1495299880069[1]

Undip (20/5) – Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, Himpunan Mahasiswa Departemen Akuntansi (HMDA) menggelar Job Interview 2017. Mengangkat tema “Prepare yourself to develop your career” Job Interview tahun ini berkonsepkan seminar dan simulasi dengan tujuan membantu mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja profesional dari proses seleksi surat lamaran hingga proses wawancara. Teknik-teknik pembuatan Curriculum Vitae (CV) yang lengkap, teknik berwawancara, strategi mengerjakan soal tes tulis dan teknik bagaimana menjawab soal-soal psikotes merupakan materi yang disampaikan dalam acara Job Interview ini.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan pemaparan materi pertama oleh Hary Budiarjo selaku Kepala Seksi Sistem Resi Gudang Kantor Wilayah V Perum Jamkrindo. Hary menyampaikan tips dan trik membuat resume atau CV serta surat lamaran kerja untuk bekal dalam menghadapi kompetisi berkarir.

Pemaparan materi kedua diisi oleh Sugiyono sebagai Perwakilan Kepala Divisi Personalia Bank Jateng yang menjelaskan kiat sukses untuk masuk dunia kerja dengan tren bisnis saat ini.

Pembicara ketiga oleh Rizky Nugraha S selaku Officer BP M&T Unit HR JBT- Pertamina MOR IV yang menyampaikan tentang interview sekaligus melakukan simulasi wawancara kerja kepada peserta. Pemaparan materi terakhir disampaikan oleh Nani Kartikaningsih selaku Owner Lembaga Psikologi Kartika yang menjelaskan tips dan trik wawancara dalam aspek psikologi serta menjawab soal-soal psikotes.

Tiwi Rukmi Mastikaningsih, salah satu peserta, mengatakan bahwa acara yang digelar sekitar enam jam ini sangat bermanfaat bagi dirinya. “Apalagi posisiku yang merupakan mahasiswa baru di dunia perkuliahan menjadikan lebih paham mengenai perekrutan dalam dunia kerja saat mengikuti acara Job Interview ini,” jelas Tiwi.

Kendala berupa kurangnya peserta dari mahasiswa angkatan 2014 dikeluhkan oleh Sindi Ayuni sebagai ketua panitia. “Hal ini dikarenakan pangsa pasar awal Job Interview merupakan  mahasiswa angkatan 2014 akan tetapi dikarenakan adanya pembekalan KKN se-Undip maka pangsa pasar dari acara ini berkurang dari mahasiswa angkatan 2014,” terang Sindi. Dia berharap setelah diadakannya acara Job Interview ini peserta yang hadir dapat mengetahui gambaran umum di dunia kerja, terutama kondisi yang sebenarnya saat proses seleksi dari tahap berkas hingga wawancara.

Reporter: Arvita, Yolanda Bella

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *