Job Interview Konon Jadi Kunci Meraih Mimpi

Suasana berlangsungnya acara Job Interview oleh HMJA Undip

FEB Undip (13/6) – Banyaknya mahasiswa yang sering gugur dalam tes wawancara, menjadi alasan yang melatarbelakangi HMJA (Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi) Undip selenggarakan Job Interview. Mengusung tema “Reach Your Dream, acara ini menghadirkan empat pembicara, yaitu Minot Purwahono selaku Direktur Intern Bank Indonesia Jawa Tengah, Surya Prana selaku donatur, Mashuri selaku HRD Telkom Jawa Tengah, dan Ouys Alkharani selaku Direktur Lembaga Psikologi Terapan Semarang.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB dengan dibuka sambutan oleh ketua panitia, Ardan Naufal dan ketua HMJA Mbarep Ilyas. Langsung memasuki materi pertama yang disampaikan oleh Minot Purwahono yang menjelaskan mekanisme umum rekruitmen SDM, strategi rekruitmen SDM, metode seleksi, dan prosedur melamar kerja di Bank Indonesia. Metode seleksinya meliputi seleksi administrasi, tes pengetahuan umum kebanksentralan, tes bahasa inggris, tes kecerdasan dan keahlian khusus, tes psikologi, dan Leaderless Group Discussion. Dilanjutkan Surya Prana yang berbagi tips dalam melakukan wawancara, diantaranya yaitu meneliti diri dengan kemampuan kerja sesuai jurusan, menguasai bahasa inggris, dan menguasai komputer terkait praktek dalam kerja. Terakhir, ulasan mengenai PT Telkom, mekanisme rekrutmen, dan keterampilan membuat CV secara tepat yang berturut-turut disampaikan oleh Mashuri dan Ouys Alkharani.

“Acaranya cukup menarik, juga narasumber-narasumbernya nggak bosenin gitu, jadinya bisa tetap fokus”, ujar Yohanes, mahasiswa UNIKA. Banyaknya acara yang diselenggarakan bersamaan waktu dengan Job Interview ini diakui Ardan menjadi kendala yang menyebabkan minimnya peserta.

Reporter: Nur Zharifah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *