Juara LKTI Setelah Ikuti Lomba Delapan Kali

FEB Undip – Jurusan IESP Undip kembali meraih juara pada ajang tulis-menulis. Alan Ray Farandy (IESP 2012) bersama kedua rekannya yang berasal dari Jurusan Hubungan Internasional, Faiz Balya Marwan dan Muhammad Subhan, memperoleh juara pertama dalam  Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Nasional (LKTIN) GANESA 3 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Alan yang juga merupakan Redaktur Pelaksana Majalah di LPM Edents mengaku senang ketika berhasil meraih juara pertama setelah sebelumnya mengikuti delapan kali lomba. Ketertarikan Alan pada LKTI dimulai saat ia duduk di semester dua ketika melihat kakak tingkatnya di LPM Edents gemar mengikuti lomba serupa. Ia kemudian mewawancarai salah satunya dan meminta beberapa file karya tulis ilmiah tersebut dengan maksud untuk mengikuti jejak yang sama.

LKTI diselenggarakan pada 21 Juli sampai 20 November oleh Gerakan Aksi Nalar Pemuda Indonesia (Ganesa) dan terdiri dari beberapa tahap. Tahapan pertama adalah penyisihan melalui pengumpulan abstrak, dilanjutkan pengumpulan makalah, seleksi sepuluh besar LKTI, dan terakhir presentasi serta show project. Tema tahun ini adalah Gerakan Generasi Muda Indonesia Menuju AEC 2015.

Berbekal paper berjudul “Agricultural Product Distribution Centre”, Alan dan timnya membahas tentang cara menjaga rantai  nilai produk-produk pertanian agar pendistribusiannya tidak terganggu oleh mafia atau tengkulak. Pemilihan materi tersebut didasari adanya pandangan mereka bahwa telah terjadi ketimpangan ekonomi antara desa dan kota. “Perekonomian di desa merupakan penyokong dari perekonomian yang ada di kota, seharusnya perekonomian di desa itu lebih  kuat dan tidak ada petani mesin,” jelas Alan.

Strategi yang mengantarkan Alan menjadi juara pertama yaitu dengan mengangkat tema terkait isu masa kini serta persiapan yang matang pada saat menghadapi presentasi. Alan juga menggunakan pendekatan institusi agar karya ilmiahnya rasional dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Menarik perhatian penonton melalui pantun merupakan salah satu kunci keberhasilan Alan dalam presentasi. Kritikan juri yang ia dapatkan dari lomba-lomba sebelumnya juga dijadikan evaluasi terhadap penyampaian paper dan presentasinya. (gt)

Reporter : Rima, Sheila

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *